Manajemen Krisis PT. Imedco Djaja dalam Menangani Kasus Kebangkrutan

Cahyati, Witri (2019) Manajemen Krisis PT. Imedco Djaja dalam Menangani Kasus Kebangkrutan. Media Komunika (Jurnal Komunikasi) Universitas Sangga Buana YPKP, Vol. 4 (2). pp. 39-49. ISSN 2540-749X

[img] Text
media komunika Vol. 4 No 2_ 3.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen krisis PT. Imedco Djaja dalam menangani kasus perusahaan farmasi yang mengalami kebangkrutan di Tangerang. Penelitian ini dibuat oleh Iwan Seppriadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman PT. Imedco Djaja mengenai krisis, langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya manajemen krisis, dan untuk mengetahui bagaimana reputasi perusahaan pasca krisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan studi literatur.Hasil penelitian diketahui bahwa PT. Imedco Djaja membagi pemahaman krisis menjadi dua kategori yakni simple crisis dan damaging crisis, serta mengkategorikan krisis yang tejadi pada PT. Imedco ja sebagai damaging crisis atau krisis fatal. Manajemen krisis/general plan belum sepenuhnya melaksanakan konsep-konsep teoritis dalam melakukan pengelolaan krisis, namun telah melaksanakan proses Langkah-langkah manajemen krisis. Langkah-langkah manajemen krisis yang telah sesuai adalah aktivitas persiapan (preparation) yakni membuat rancangan press release (draft a series of press release), mempersiapkan profil perusahaan (prepare a company profile), memberikan informasi kepada staf (informing staff), dan membuat website dan darksite dalam upaya manajemen krisis. Reputasi PT. Imedco Djaja pasca krisis sangat baik dilihat dari pandangan publik dan output perusahaan. Dari hasil tersebut, direkomendasikan kepada PT. Imedco Djaja untuk melakukan monitoring isu meskipun krisis dinyatakan telah berakhir dan segera membentuk divisi Public Relations untuk dapat melihat potensi dan ancaman krisis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Krisis, manajemen krisis, PT. Imedco Djaja, public relations, Reputasi
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal Media Komunika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 06 May 2020 14:03
Last Modified: 06 May 2020 14:03
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item