Pamungkas, Muhammad Iqbal (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENJALIN RELASI DENGAN KOMUNITAS MOTOR (Studi Kasus Bengkel Daily Motoshop Dengan Komunitas Satria 2tak Jatinangor). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
1. cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (393kB) |
|
Text
3. lembar pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (359kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
7. bab i.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
12. daftar pustaka.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
Skripsi BAB I-V IQBAL- revisi.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Strategi Komunikasi Dalam menjalin Relasi Dengan Komunitas Motor (Studi Kasus Bengkel Daily Motoshop Dengan Komunitas Satria 2tak Jatinangor)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Pemilik dan Mekanik Bengkel Daily Motoshop dalam menjalin relasi dengan Komunitas Satria 2tak Jatinangor, dan untuk mengetahui hambatan dan solusi apa saja yang dilakukan dalam menjalin relasi dengan Komunitas Satria 2tak Jatinangor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan anggota komunitas Satria 2Tak dan pihak manajemen Bengkel Daily Motoshop. Selain itu, observasi langsung juga dilakukan untuk mengamati interaksi dan kegiatan yang melibatkan bengkel dan komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bengkel Daily Motoshop mengimplementasikan berbagai strategi komunikasi yang efektif untuk menjalin relasi dengan Komunitas Satria 2Tak. Strategi-strategi ini meliputi partisipasi aktif dalam kegiatan komunitas, penyediaan layanan yang sesuai dengan kebutuhan komunitas sebagai alat komunikasi, serta pembentukan kemitraan yang saling menguntungkan. Melalui strategi ini, bengkel mampu membangun kepercayaan, citra positif, dan loyalitas dari anggota komunitas. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti kesulitan dalam menyesuaikan layanan dengan perubahan preferensi komunitas, serta perluasan relasi dengan komunitas yang lebih luas. Meskipun demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi komunikasi yang efektif dalam membangun relasi yang kuat antara bengkel dan komunitas motor. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi bengkel dan komunitas lainnya dalam mengembangkan strategi komunikasi yang berkelanjutan dan saling menguntungkan. Kata Kunci :Strategi komunikasi, relasi dengan komunitas, komunitas motor, bengkel
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.23.0049 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, relasi dengan komunitas, komunitas motor, bengkel |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:21 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4701 |
Actions (login required)
View Item |