Marketing Politik dan Strategi Pemenangan Pemilu

Tabroni, Roni (2017) Marketing Politik dan Strategi Pemenangan Pemilu. Media Komunika (Jurnal Komunikasi) Universitas Sangga Buana YPKP, Vol. 2 (1). pp. 40-51. ISSN 2540-749X

[img] Text
mediakom vol 2 no 1_5.pdf

Download (241kB)

Abstract

Di tengah perkembangan politik tanah air, fenomena baru muncul dalam konteks kampanye. Seperti yang telah dilakukan di beberapa negara maju, dunia politik sekarang tidak lepas dari marketing politik. Baik dari segi studi akademis maupun praktis, marketing politik sudah banyak dikaji. Dalam penelitian ini, politik berkorelasi dengan marketing. Dalam prakteknya, dunia politik menyertakan marketing dalam berbagai aktivitasnya, seperti sosialisasi politik, untuk kepentingan calon legislatif, pemilihan Presiden, maupun Pilkada, yang akan melibatkan masyarakat dalam pemilihannya. Dengan pemasaran politik, pola sosialisasi tidak hanya melibatkan unsur politik, tetapi komunikasi dan bisnis. Tujuan dari sosialisasi ini diperkenalkan partai politik dan kandidat untuk meyakinkan calon pemilih. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana pemasaran politik juga dapat mengembalikan citra partai politik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Political Marketing, Political Party, Demokracy
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal Media Komunika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:14
Last Modified: 03 Mar 2020 08:14
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item