ANALISIS TANAH DASAR MELALUI PENGUJIAN DCP UNTUK PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN KOMPLEK PERUMAHAN PALEDANG

Rosandi, Dicky (2023) ANALISIS TANAH DASAR MELALUI PENGUJIAN DCP UNTUK PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN KOMPLEK PERUMAHAN PALEDANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (381kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Semua bangunan sipil berdiri atau dibangun di atas tanah dasar, dan karena kestabilan dan keamanannya tergantung pada kestabilan daya dukung tanah dasarnya. Jadi, tanah itu mempunyai peranan yang sangat penting pada suatu konstruksi bangunan sipil, seperti konstruksi perkerasan jalan raya. Dengan pesatnya perkembangan di bidang transportasi, maka pengetahuan dibidang transportasi harus terus digali dan dikembangkan, begitu pula pengetahuan tentang perencanaan perkerasan jalan khususnya perkerasan lentur (Flexible Pavement) yang sampai saat ini masih memiliki nilai ekonomis yang lebih baik dan lebih umum digunakan. Dalam merencanakan perkerasan lentur,banyak metode yang bisa dipakai diantaranya, Metode AASHTO 1993, Metode Bina Marga dan standar-standar lain yang dikeluarkan oleh tiap Negara. Dalam Tugas Akhir ini akan ditinjau khusus Metode Bina Marga No. 01/PD/B/1983 untuk penentuan tebal lapisan perkerasan lentur jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan tanah dasar dalam bentuk nilai California Bearing Ratio (CBR) yang digunakan untuk menentukan tebal perkerasan lentur jalan raya komplek Perumahan Paledang,selain itu juga bertujuan untuk mendapatkan nilai berat isi tanah kering (_d) untuk menilai kepadatan di lapangan, apakah tanah dasar di lokasi penelitian tersebut sudah layak/sudah padat. Nilai CBR tersebut didapat dari data pengujian dengan menggunakan alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Dari hasil penelitian terhadap daya dukung tanah, maka didapat nilai CBR Akuntansi secara berurutan yaitu : 4,25 % ; 2,20 % ;1,85 % ; 2,70 % dan 7,95 %. Dan kepadatan relatif/compaction relative (RC) dilapangan dengan nilai RC minimum 95 %. Kata Kunci : CBR, DCP, perkerasan lentur jalan raya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.23.0105
Uncontrolled Keywords: CBR, DCP, perkerasan lentur jalan raya
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:24
Last Modified: 22 Oct 2024 06:24
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item