Suryantara, Muhammad Aji (2022) PERPINDAHAAN VOLUME KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN LINGKUNGAN TERUSAN NANJUNG – GERBANG TOL MARGAASIH BARAT KABUPATEN BANDUNG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
9. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
FINAL - 20 MEI 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Ruas Jalan Terusan Nanjung merupakan salah satu jaringan jalan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Volume lalu lintas di ruas jalan tersebut pada beberapa tahun ini mengalami peningkatan dikarenakan dapat terhubung langsung ke jalan Tol Soreang Pasir Koja (SOROJA) melalui Gerbang Tol Margaasih Barat, sedangkan kondisi geometrik jalan di daerah Terusan Nanjung kurang memadai, dikarenakan jaringan ruas Jalan Terusan Nanjung yang kelas jalannya masuk ke dalam kelas Jalan Lingkungan memiliki lebar 6 meter, sedangkan syarat konektifitas jalan Gerbang Tol harus terintegrasi ke jalan kolektor yang memiliki lebar 10 meter. Oleh karena itu, banyak kendaraan yang lebih memilih menggunakan Tol Baros yang jarak tempuhnya lebih jauh dibandingkan Gerbang Tol Margaasih. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kinerja ruas jalan tersebut dengan menggunakan MKJI 1997 dan juga menganalisis volume kendaraan ke Gerbang Tol Margaasih Barat. Jika kenerja jalan tersebut tidak baik, maka dilakukan optimalisasi. Hasil dari analisis data kondisi existing derajat kejenuhan (DS) jalan terusan nanjung adalah sebesar 0,86 yang menunjukan bahwa jalan tersebut tidak stabil dikarenakan melebihi angka 0,85, NVK 0,94, (Level of Service/LOS) E, maka diperlukannya optimalisasi di ruas jalan tersebut. Dikarenakan tidak memungkinnya dilakukan pelebaran jalan, maka optimalisasi dilakukan dengan pembatasan kendaraan berat di jam sibuk. Hasil dari analisis tersebut adalah DS 0,77, NVK 0,8, (Level of Service/LOS) C . Untuk hasil analisis volume kendaraan yang akan masuk gerbang Tol Margaasih Barat, yaitu sebesar 673 kend/jam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ST1.22.0036 |
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, optimalisasi, volume kendaraan. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 06:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 06:13 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4617 |
Actions (login required)
View Item |