FAIZAL, IKBAL (2024) PENGARUH DIAMETER PILOT ZET MAIN ZET PADA KARBURATOR MOTOR 2 TAK TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI. Skripsi thesis, UNIPERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
Cover-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (607kB) |
|
Text
Abstrak-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (62kB) |
|
Text
Bab 1 Iqbal.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) |
|
Text
Skripsi Full-1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka-1.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (61kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) |
Abstract
Kendaraan bermotor menghasilkan gas buang melalui knalpot berupa gas CO dan gas HC yang dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pilot jet main yang digunakan. Variasi ukuran main jet yang dipasang pada knalpot akan menghasilkan gas CO dan gas HC yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak variasi diameter pilot jet dan main jet pada karburator motor 2 tak terhadap kinerja mesin. Kinerja mesin akan dinilai berdasarkan daya keluaran dan konsumsi bahan bakar. Metode penelitian yang digunakan adalah dyno test untuk mengukur performa motor 2 tak dengan variasi diameter pilot jet. Hasil penelitian pengujian menggunakan Mainjet, dengan ukuran 150 mm menghasilkan emisi gas CO minimum 2,336% dan maksimum 8,674% sedangkan Mainjet dengan ukuran 98 mm menghasilkan emisi gas CO minimum 2,853% dan maksimum 9,503%. Mainjet dengan ukuran 85 mm menghasilkan emisi gas CO minimum sebesar 2,633% dan menghasilkan emisi gas CO maksimum sebesar 9,12%. Pengujian pilot jet main jet standar di atas dapat dilihat bahwa daya tertinggi terjadi pada terjadi pada 18,1HP pada putaran 12252. Sedangkan hasil uji pilot jet main jet pada karburator yang apabila dinaikkan menjadi pilot jet 25 dan main jet 160 dapat dilihat bahwa daya tertinggi terdapat pada 18,8HP pada putaran 12650 rpm. Dengan mengubah main jet dan pilot jet dari ukuran standar lalu dinaikkan dapat meningkatkan daya maksimum yang dihasilkan oleh sepeda motor pada kecepatan 12650 rpm. Dalam hal ini maka dapat disimpulkan bahwa apabila ukuran main jet dan pilot jet diubah ukurannya maka daya keluaran daya motor 2 tak tersebut menjadi lebih banyak. Implikasi dari temuan ini dapat membantu pengembangan desain karburator yang lebih efisien dan optimal untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar motor 2 tak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.24.0027 |
Uncontrolled Keywords: | Dyno Test, Pengaruh Diameter Pilot Zet, Karburator Motor 2 Tak |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Ikbal Ikbal Faizal Lilis Suminar |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:47 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:47 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4580 |
Actions (login required)
View Item |