Model Retorika Komunikasi Dakwah Dr. Zakir Naik

Komara, Erwan (2017) Model Retorika Komunikasi Dakwah Dr. Zakir Naik. Media Komunika (Jurnal Komunikasi) Universitas Sangga Buana YPKP, Vo. 2 (1). pp. 14-25. ISSN 2540-749X

[img] Text
mediakom vol 2 no 1_2.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tulisan ini mengungkap kepandaian salah seorang tokoh komunikator dalam bidang penyampaian pesan-pesan agama (dakwah), yang bernama Dr. Zakir Naik. Komunikasi dakwahnya dianggap berhasil karena mendapat respon pendengar yang sangat banyak. Bukan hanya itu, hasil atau respon pendengar atas pesan-pesan yang disampaikannya sangat positif. Salah satu buktinya, banyak pendengar yang tergerak hatinya untuk masuk Islam. Metode yang digunakan metode kualitatif noninteraktif dan dipaparkan secara deskriptif. Maksudnya penelitian ini menganalisis data-data nonnumerik dan disajikan dalam bentuk paparan dan penjabaran dalam bentuk kata-kata tanpa ada kontak langsung dengan objek penelitiannya. Data yang diteliti berupa dokumentasi rekaman ceramah Dr. Zakir Naik yang ditayangkan di situr Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dr. Zakir Naik sudah menerapkan 5 (lima) kaidah retorika komunikasi yakni: 1) mengangkat isu-isu tema yang faktual dan definisi atau kontroversi; 2) sangat pandai dalam mengatur dan menyusun pesan yang hendak disampaikannya melalui tahapan pembukaan, penyampaian fakta dan dalil, mencari kekeliruan yang terjadi, dan diakhiri dengan penutup; 3) senantiasa menggunakan kalimat yang jelas dan melengkapinya dengan kiasan-kiasan serta permisalanopermisalan untuk lebih memberikan kejelasan atas apa yang sedang dijelaskannya; 4) mempunyai hafalan yang sangat luar biasa. Hafalan yang dimilikinya bukan hanya berkenaan dengan dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadis, juga memiliki kemampuan menghafal dalil-dalil dari Kitab-Kitab Suci agama lain; dan 5) menyampaikan pesanpesannya dengan suara yang lantang, jelas, dan berintonasi, sehingga menjadi enak didengar dan tidak membosankan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Islam, Komunikasi Dakwah, Retorika Dakwah.
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal Media Komunika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:47
Last Modified: 27 Feb 2020 08:47
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item