STRATEGI PROMOSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) LEBAHSHOP DI METRO INDAH MALL BANDUNG (Pendekatan Deskriptif Pada Akun Instagram @taslebahshop.bandung)

Mutiek, Bryandhika Fadhlillah (2024) STRATEGI PROMOSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) LEBAHSHOP DI METRO INDAH MALL BANDUNG (Pendekatan Deskriptif Pada Akun Instagram @taslebahshop.bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover Final Skripsi Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK Skripsi Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (55kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text
1.Final Skripsi Bryandhika Hardcover new.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Bryan New.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54kB)
[img] Text
Plagiarism Bryan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena saat ini era globalisasi dan masa transisi digital membuat persaingan industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus berkembang dan mencegah tutupnya usaha konvensional sehingga membuat beberapa UMKM beralih kepada media online yaitu media sosial. Begitu pula dengan salah satu UMKM yang bertahan di kala masa tansisi digital ini karena mengubah pola penjualan melalui sosial media. Karena salah satu tujuan dari usaha ini adalah untuk mempertahankan usahanya menghindari tutupnya usaha agar bisa mempekerjakan karyawan yang bekerja dan memenuhi kebutuhan konsumen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi pada media sosial instagram taslebahshop.bandung dalam mempertahankan eksistensinya pada era sekarang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam terhadap informan kunci dan informan pendukung, serta melakukan dokumentasi pada penelitian. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data uji kredibilitas, triangulasi (sumber, teknik dan waktu), analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check dan uji komfirmabilitas. Pada penelitian ini informan kunci adalah pemilik toko Lebahshop dan Admin media sosial instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi di akun instagram taslebahshop.bandung menunjukan bahwa UMKM juga bisa bertahan dan mempromosikan kepada khalayak luas dengan membuat konten-konten pada media sosial Instagram. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah menurut Effendy, karena strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan, akan tetapi untuk mencapai tujuan strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah jalan saja, melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya. Selama ini sudah berbagai upaya dilakukan taslebahshop.bandung dalam membuat konsumen merasa terlayani dengan perubahan yang terjadi sampai dengan bergantinya pola promosi saat ini. Bahkan, taslebahshop.bandung juga termasuk UMKM di metro indah mall bandung yang bertahan dan memperluas usahanya hingga saat ini Kata kunci: Strategi Promosi,UMKM(Usaha mikro kecil dan menengah), taslebahshop.bandung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.24.0087
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi,UMKM(Usaha mikro kecil dan menengah), taslebahshop.bandung
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Bryandhika Fadhlillah Mutiek
Date Deposited: 12 Oct 2024 04:39
Last Modified: 12 Oct 2024 04:39
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item