ANALISIS KEGIATAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PB TAXAND DALAM MEMBERIKAN INFORMASI DAN EDUKASI TERKAIT PAJAK

Azizah, Nada (2024) ANALISIS KEGIATAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PB TAXAND DALAM MEMBERIKAN INFORMASI DAN EDUKASI TERKAIT PAJAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (826kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (830kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI - Nada Azizah.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (831kB)
[img] Text
14. Plagirisme - Nada Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan manajemen humas PB Taxand dalam menyampaikan informasi dan edukasi pajak melalui platform media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif pada akun Instagram @pbtaxand.id. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Proses Manajemen PR menurut Cutlip dan Center (2009), yang meliputi empat tahap utama: fact finding, planning, communicating, dan evaluating. Pada tahap defining fact, penelitian ini menggali bagaimana PB Taxand mengidentifikasi isu dan kebutuhan audiens terkait informasi pajak. Tahap planning mengeksplorasi bagaimana PB Taxand menetapkan tujuan komunikasi dan mengembangkan strategi konten. Tahap communicating membahas bentuk-bentuk konten yang digunakan dan interaksi dengan audiens. Tahap evaluating menilai efektivitas konten dan program edukasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi humas PB Taxand pada tahap fact finding melibatkan identifikasi masalah dan pengumpulan data melalui survei maupun alat analitik. Pada tahap planning, PB Taxand menetapkan tujuan komunikasi yang spesifik dan mengembangkan pesan utama yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Dalam tahap communicating, PB Taxand menggunakan berbagai bentuk konten seperti foto, video, dan infografis, serta mengelola interaksi dengan pengikut untuk meningkatkan engagement. Selain itu, program komunikasi seperti workshop/webinar, training, company visit, dan Tax Talk dilaksanakan untuk menyampaikan informasi dan edukasi pajak secara lebih mendalam dan interaktif. Pada tahap evaluating, PB Taxand menggunakan alat analitik untuk mengukur efektivitas konten dan mengumpulkan feedback dari audiens untuk perbaikan strategi komunikasi ke depan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.24.0086
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Humas, Pajak
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miss Nada Azizah
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:46
Last Modified: 08 Oct 2024 03:46
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item View Item