ILHAM HERDIANSYAH, MUHAMMAD (2024) ANALISA DAN DESAIN ELASTISITAS SPRING COIL RODA BELAKANG PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR 150 CC 2020 MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS 2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (893kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (864kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (675kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (878kB) |
|
Text
7. SKRIPSI FULL BAB 1-5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (776kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Sepeda motor merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan pada masa sekarang ini. Kenyamanan dan kestabilan dari sebuah sepeda motor salah satunya ditentukan oleh desain konstruksi sistem suspensi yang digunakan pada kendaraan tersebut. Pada sepeda motor sistem suspensi terdiri dari suspensi bagian depan dan bagian belakang yang memiliki fungsi sama yaitu meredam getaran akibat ketidak rataan medan jalan. Pada suspensi belakang terdapat dua jenis sistem suspensi, suspensi ini antara lain double suspensi dan single suspensi atau yang biasa disebut dengan monoshock. Sistem suspensi monoshock memiliki satu pegas dan satu peredam yang terdapat pada tengah dari Swing Arm dan terhubung langsung pada body kendaraan. Sistem suspensi ini banyak terdapat pada sepeda motor dengan cc yang besar, karena kerja sistem suspensi sepeda motor terserbut tergolong berat. Pada proses desain sistem suspensi monoshock ini mengunakan solidwork 2015. Dengan menggunakan solidwork 2015 sistem suspensi dibuat desain spring coil dan simulasi dari pegas koilnya dengan beberapa variasi Pitch and revolution, untuk memperoleh hasil berupa stress, displacement, dan Factor of safety dengan beban yang telah ditentukan yaitu 1500N. Hasil dari simulasi suspensi monoshock ini adalah spring coil dengan Pitch and revolution yang bagian bawahnya renggang dan atasnya rapat memiliki nilai stress, displacement dan factor of safety yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.24.0024 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem suspensi sepeda motor, analisa, desain |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | mr ilham herdiansyah |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:39 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4533 |
Actions (login required)
View Item |