ANALISIS EKONOMI PADA PROYEK FEASIBILITY STUDY SIMPANG TIDAK SEBIDANG JL. OTO ISKANDARDINATA (SUKABUMI)

Pratiwi, Fitria Rachmawati (2024) ANALISIS EKONOMI PADA PROYEK FEASIBILITY STUDY SIMPANG TIDAK SEBIDANG JL. OTO ISKANDARDINATA (SUKABUMI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
01 COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (151kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN_repaired.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358kB)
[img] Text
05 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (640kB)
[img] Text
06 SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB)
[img] Text
08 SURAT KETERANGAN CEK PLAGIARISME_repaired.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (282kB)

Abstract

Berdasarkan kondisi eksisting kawasan, pada perlintasan tidak sebidang di ruas Jl. Oto Iskandardinata memiliki kondisi lalu lintas yang tergolong sangat sibuk, baik oleh operasi kereta api maupun lalu lintas pengguna jalan raya. Kondisi ini dikhawatirkan di masa yang akan datang dapat mengakibatkan kemacetan yang parah dan dapat meningkatkan kecelakaan lalu lintas di sekitar persimpangan tidak sebidang di ruas Jl. Oto Iskandardinata. Untuk mengantisipasi kondisi yang menyebabkan kemacetan pada ruas jalan utama maka sangat perlu dilakukan studi analisa kelayakan ekonomi yang meliputi analisis berbagai aspek seperti biaya konstruksi, manfaat ekonomi, dan keberlanjutan proyek dalam jangka panjang. Analisa kelayakan ekonomi ini didukung oleh data-data sekunder untuk data survei lalu lintasnya dan data-data primer untuk data biaya operasi kendaraan. Adapun tahapan analisis yang dilakukan meliputi perhitungan biaya proyek, Analisa kinerja jalan eksisting, Perhitungan biaya operasi kendaraan dan nilai waktu, serta perhitungan analisa kelayakan ekonomi yang dilakukan dengan metode kriteria kelayakan biaya antara lain penentuan BCR, NPV, IRR dan Analisis sensitifitas. Konstruksi yang dapat menjadi alternatif simpang tidak sebidang dengan jalur KA yaitu berupa Overpass dan Underpass. Berdasarkan hasil perhitungan biaya proyek overpass pada tahun 2028 sebesar Rp. 383.437.478.917 sedangkan underpass sebesar Rp. 274.350.768.894. Besarnya perhitungan menunjukkan investasi yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan nilai manfaat yang didapat secara ekonomi. Alternatif struktur Overpass memiliki nilai BCR 0,60 dan 0,40 atau lebih rendah dibandingkan alternatif Underpass dengan nilai BCR 0,68 dan 0,45. Analisis biaya dan manfaat selama 40 tahun dengan tingkat suku bunga 10% untuk didapat nilai PV cost sama dengan PV benefit untuk overpass sebesar Rp. 246.441.619.327, sedangkan underpass sebesar Rp. 200.627.681.076. Didapat nilai Nett Present Value (NPV) sebesar 0, Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 1, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 10%. Maka dari parameter analisis ekonomi diatas dapat disimpulkan bahwa proyek simpang tidak sebidang alternatif overpass dengan melakukan perubahan biaya konstruksi maupun biaya operasional dan pemeliharaan untuk Overpass sebesar 60% sedangkan Underpass sebesar 68%, sehingga keduanya layak dilaksanakan. Namun jika dilihat dari potensi kumulatif volume kendaraan yang dapat dilayani oleh alternatif Overpass maupun Underpass akan lebih besar hingga 12% selama masa layan 40 tahun dan kumulatif penghematan nilai waktu alternatif Overpass mencapai 70,46% dan Underpass 76,02% terhadap kondisi eksisting. Kedua faktor ini dapat menjadi dasar untuk pelaksanaan konstruksi simpang tidak sebidang. Kata Kunci : persimpangan tidak sebidang; manfaat; biaya; BCR; NPV; IRR; analisis sensitifitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.24.0056
Uncontrolled Keywords: persimpangan tidak sebidang; manfaat; biaya; BCR; NPV; IRR; analisis sensitifitas
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Ms. Fitria Rachmawati Pratiwi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:36
Last Modified: 07 Oct 2024 02:36
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item