Rozak, Tofiq Abdur (2024) ANALISIS BAHAYA, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN PADA KONSTRUKSI JEMBATAN PELENGKUNG PROYEK PEMBANGUNAN JALAN SUMBU KEBANGSAAN SISI BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (125kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (900kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30kB) |
|
Text
5. BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (197kB) |
|
Text
6. SKRIPSI FULL TOFIQ 2112227007 .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) |
|
Text
8. SK HASIL CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan kegiatan konstruksi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para pekerja harus terjamin. Peran perusahaan sangat penting untuk memastikan para pekerja, memahami pentingnya K3. Diperlukan adanya Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK) untuk mengendalikan K3 dalam kegiatan konstruksi. Diduga pekerjaan jembatan pelengkung memiliki risiko yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis bahaya dan penanganan risiko menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment and Determination Control (HIRADC) pada pekerjaan Jembatan Pelengkung Proyek Jalam Sumbu Kebangsaan Sisi Barat. Proses identifikasi bahaya dilakukan melalui wawancara terhadap ahli, perundangan, pedoman pelaksanaan, penelitian terdahulu dan work method statement pekerjaan jembatan. Setelah itu, penilaian risiko dilakukan dengan penilaian ahli, kemudian menentukan pengendalian untuk meminimalkan risiko dari bahaya yang teridentifikasi tersebut. Dari hasil penelitian didapatkan 61 potensi bahaya, dimana bahaya dengan tingkat risiko besar (B) sebanyak 15 risiko (24,6%), tingkat risiko sedang (S) sebanyak 43 risiko (70,5%) dan risiko kecil (K) sebanyak 3 risiko (4,9%). Setelah pengendalian ditentukan, hasilnya menunjukkan penurunan tingkat risiko pekerjaan, dimana sudah tidak terdapat lagi bahaya dengan tingkat risiko besar (B), sisa risiko hanya pada tingkat sedang (S) sebanyak 14 risiko (23%) bahaya dan tingkat kecil (K) sebanyak 47 (77%). Kata Kunci: Jembatan Pelengkung, Identifikasi Bahaya, Risiko, HIRADC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.24.0053 |
Uncontrolled Keywords: | Jembatan Pelengkung, Identifikasi Bahaya, Risiko, HIRADC |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Mr Tofiq Abdur Rozak |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:16 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4529 |
Actions (login required)
View Item |