MAHARANI, LISYA (2024) IDENTIFIKASI COGNITIVE STYLE DAN LEARNING STYLE DENGAN METODE COGNITIVE STYLE INDEX (CSI) DAN MODEL VISUAL, AUDITORI, READ, KINESTHETIC (VARK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
Cover_Skripsi Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (35kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan_Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (73kB) |
|
Text
Abstrak_Skripsi Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) |
|
Text
BAB 1_Skripsi Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) |
|
Text
SKRIPSI Full_Lisya Maharani (2111201014).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka_Skripsi Lisya.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) |
|
Text
Bukti Cek Plagiat_Lisya Maharani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (68kB) |
Abstract
Keberhasilan dalam pembelajaran terutama dalam pendidikan perguruan tinggi dapat ditinjau lebih lanjut dengan mengidentifikasi adanya gaya kogintif dan gaya belajar yang diterapkan mahasiswa untuk memecahkan suatu permasalahan serta pengambilan keputusan. Hal ini menjadi ruang lingkup pada disiplin ilmu ergonomi kognitif. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa bergaya kognitif jenis analitik, intuitif, atau terintegrasi dan gaya belajar jenis visual, auditori, membaca, atau kinestetik terhadap pencapaian keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini dengan menyebarkan kuisoner Metode CSI (Cognitive Style Index) dan kuisoner Model VARK (Visual, Auditorial, Read, Kinesthetic) menghasilkan 286 mahasiswa dari berbagai program studi sebagai responden sampelnya. Hasil dari pengolahan data kuisoner dapat disimpulkan bahwa mayoritas jenis gaya kognitif responden seimbang antara intuitif dan analitik yaitu jenis terintegrasi. Jenis gaya belajar yang paling sering digunakan adalah jenis kinestetik. Diketahui juga bahwa uji korelasi dengan pengujian non-parametrik kendall tau antara gaya kognitif dengan IPK terdapat adanya pengaruh hubungan yang signifikan. Sedangkan hasil uji antara gaya belajar dengan IPK bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan. Sehingga pencapaian keberhasilan pembelajaran dapat diukur dengan pemahaman kognitif terhadap nilai IPK, bukan dengan gaya belajar setiap individu. Oleh sebab itu, berdasarkan dari hasil penelitian ini perlu ditekankan pada pengoptimalan pengembangan gaya berfikir mahasiswa dengan melihat aspek gaya kogntif dan strategi belajar yang sesuai agar tercapainya prestasi akademik setiap individu. Kata kunci: gaya kognitif, gaya belajar, analitik, intuitif, terintegrasi, VARK, IPK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STI.24.0011 |
Uncontrolled Keywords: | gaya kognitif, gaya belajar, analitik, intuitif, terintegrasi, VARK, IPK. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Mrs Lisya Maharani |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:26 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4480 |
Actions (login required)
View Item |