ANALISIS KELELAHAN KERJA DAN KANTUK PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE INDUSTRIAL FATIGUE RESEACRSH COMMITTEE (IFRC), CARDIOVASCULAR LOAD (CVL) DAN KAROLINSKA SLEEPNESS SCALE (KSS)

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2024) ANALISIS KELELAHAN KERJA DAN KANTUK PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE INDUSTRIAL FATIGUE RESEACRSH COMMITTEE (IFRC), CARDIOVASCULAR LOAD (CVL) DAN KAROLINSKA SLEEPNESS SCALE (KSS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
TA_RAHMAWATI_2111201010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467kB)
[img] Text
Plagiarisme (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Tranformasi yang terjadi diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern. Ini terbukti dengan mulai munculnya transportasi online di kota – kota besar Indonesia yang dikenal sebagai ojek online. Sejak tahun 2018 – 2022 jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan rata – rata 6,25% pertahunnya. Faktor yang mendominasi terjadinya kecelakaan berasal dari internal manusia sebesar 28% yang diakibatkan oleh kelelahan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkat kelelahan kerja dan kantuk pada pengemudi ojek online di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen Sederhana. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen Penelitian menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan yaitu Industrial fatigue Committee (IFRC) metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kelelahan kerja subjektif. Cardiovascular Load (CVL) metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kelelahan kerja objektif dengan mengukur tingkat detak denyut nadi. Karolinska Sleepnes Scale (KSS) metode subjektif untuk mengukur tingkatan kantuk. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengemudi ojek online mengalami kelelahan kerja subjektif dengan metode IFRC yaitu tingkat kelelahan kerja tinggi baik sebelum ataupun sesudah bekerja dengan persentase 60% sebelum bekerja dan 67% sesudah bekerja, sedangkan kelelahan kerja objektif dengan metode CVL yaitu < 30% yang dimana tidak terjadinya kelelahan. Tingkat kantuk yang dialami pengemudi ojek online yaitu tingkat kantuk rendah sebesar 77% pada saat sebelum bekerja dan tingkat kantuk tinggi sebesar 57% pada saat sesudah bekerja. Hasil uji paired t-test menunjukkan terdapat hubungan signifikan kelelahan subjektif sebelum dan sesudah bekerja dengan p-value < 0,05 sedangkan hasil uji paired t-test untuk kelelahan kerja objektif tidak terdapat hubungan signifikan sebelum dan sesudah bekerja dengan p-value > 0,05. Hasil uji wilcoxon terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kantuk sebelum dan sesudah bekerja dengan p-value < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pengemudi ojek online memanfaat waktu istirahat dengan baik agar terhindar dari kelelahan kerja dan memeriksa kesehatan jika ada keluhan terkait kelelahan kerja agar dapat menghindari kecelakaan kerja. Kata kunci: Pengemudi Ojek Online, Industrial Fatigue Reseacrsh Committee, Cardiovascular Load, Karolinska Sleepness Scale.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STI.24.0009
Uncontrolled Keywords: Ergonomi,kelelahan kerja dan kantuk
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: mrs Rahma Wati
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:49
Last Modified: 27 Sep 2024 03:49
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item