Pratama, Vega (2024) REPRESENTASIKONFLIKKELUARGADALAMFILM GARA-GARAWARISAN (Analisis Semiotika John Fiske pada Film Gara-Gara Warisan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text
Skripsi Vega Pratama.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
Vega.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul "Representasi Konflik Keluarga dalam Film Gara-Gara Warisan: Analisis Semiotika John Fiske pada Film Gara-Gara Warisan". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana konflik keluarga digambarkan dan direpresentasikan dalam film Gara-Gara Warisan menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi dan mendalami elemen-elemen yang membentuk representasi konflik dalam film tersebut. Analisis dilakukan berdasarkan tiga level dalam teori semiotika John Fiske: level realitas, level representasi, dan level ideologi. Pada level realitas, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana film mencerminkan aspek kehidupan sehari-hari melalui elemen-elemen visual dan naratif, seperti penampilan karakter, kostum, dan setting. Di level representasi, fokus utama adalah pada teknik-teknik sinematik yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan dinamika konflik, termasuk simbolisme, penggunaan dialog, dan teknik pengambilan gambar. Sementara itu, level ideologi mengkaji bagaimana film menyampaikan nilai-nilai dan kepercayaan terkait dengan peran keluarga, tanggung jawab, dan warisan. Hasil analisis menunjukkan bahwa film Gara-Gara Warisan secara efektif merepresentasikan konflik keluarga dengan mengintegrasikan aspek-aspek realitas, representasi visual, dan ideologi. Film ini menonjolkan ketegangan antara nilai-nilai tradisional dan kebutuhan individu melalui simbolisme dan teknik sinematik yang mendalam. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana media dapat mencerminkan dan membentuk persepsi masyarakat tentang konflik keluarga serta peran ideologi dalam mempengaruhi dinamika keluarga. Kata Kunci: Representasi, Film, , Konflik, Keluarga, John Fiske
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0072 |
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Film, , Konflik, Keluarga, John Fiske |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mr Vega Pratama |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:29 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4395 |
Actions (login required)
View Item |