Putri, Isfahani Afina (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN EDU WISATA MUSEUM (Studi Kasus Pada Akun Instagram dan Tiktok @museum_geologi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
COVER (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (183kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) |
|
Text
BAB I (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (960kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_ISFAHANI AFINA PUTRI_3112201019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (261kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIARISME (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Edu Wisata Museum (Studi Kasus Pada Akun Instagram dan Tiktok @museum_geologi)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manfaat penggunaan media sosial TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran sebuah edu wisata Museum.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi pada akun media sosial Instagram dan TikTok @museum_geologi, melakukan wawancara kepada para informan, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat satu orang informan kunci yaitu orang yang bekerja sebagai Pengelola Media Sosial Museum Geologi Bandung serta 2 orang pengunjung sekaligus pengikut media sosial Museum Geologi Bandung menjadi informan pendukung. Menggunakan teori komunikasi pemasaran konsep bauran pemasaran 7P Philip Kotler dan Gary Armstrong 2016 dalam strategi komunikasi pemasarannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Museum Geologi Bandung telah berhasil memanfaatkan media sosial Instagram dan TikTok untuk menyebarkan informasi, membangun interaksi dengan pengunjung, dan meningkatkan minat kunjungan. Strategi promosi yang diterapkan mencakup perencanaan konten yang matang, pemanfaatan fitur-fitur interaktif, serta penerapan konsep Marketing Mix 7P. Meskipun menghadapi beberapa kendala, museum telah menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengatasi tantangan dan beradaptasi dengan tren media sosial yang terus berkembang. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Museum Geologi Bandung, Media Sosial, Edu Wisata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0069 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Museum Geologi Bandung, Media Sosial, Edu Wisata |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs. Isfahani Afina Putri |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:16 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:16 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4392 |
Actions (login required)
View Item |