Simorangkir, Doni Wenfery (2024) PRODUKSI KONTEN BERITA FEATURE BERBASIS VIRTUAL REALITY (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pembuatan Virtual Tour Video 360° Museum Indonesia Menggugat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.
Text
Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (85kB) |
|
Text
Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (173kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (149kB) |
|
Text
Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (105kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) |
|
Text
Skripsi.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Plagiarism-1.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (63kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk pembuatan “Produksi konten berita feature berbasis virtual reality (pembuatan virtual tour video 360° museum Indonesia Menggugat)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi pembuatan virtual tour video 360 museum Indonesia Menggugat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan adalah dnegan observasi langsung ke lokasi penelitian, melakukan wawancara kepada informan kunci, dan melakukan dokumentasi selama proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Dalam penelitian ini juru pelihara sekaligus tour guide museum Indonesia Menggugat menjadi informan kunci. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pra-produksi meliputi kunjungan ke lokasi penelitian, berbicara dengan narasumber penting untuk skrip video, dan menyiapkan peralatan yang akan digunakan pada saat pasca-produksi. (2) Penempatan pencahayaan di area yang gelap. Menyiapkan kamera 360 derajat, merekam seluruh museum, memindahkan file video dari kamera ke laptop melalui pembaca kartu memori, dan merekam audio untuk digunakan sebagai sulih suara dalam video merupakan bagian dari proses produksi (3) proses Pasca Produksi meliputi capturing, logging, editing picture, editing sound, final cut dan publikasi ke media sosial youtube dan bisa dinikmati menggunakan virtual reality headset
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0055 |
Uncontrolled Keywords: | Produksi, Konten, virtual reality video 360°, museum |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mr Doni Wenfery Simorangkir |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:45 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4315 |
Actions (login required)
View Item |