MAKNA LOGO RUMAH ZAKAT (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat)

Derizis, Muhammad (2019) MAKNA LOGO RUMAH ZAKAT (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul makna logo Rumah Zakat. Disusun oleh Muhammad Derizis, dan dibimbing oleh Bapak Adi Permana S., S.I.Kom., M.I.Kom. Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini dikarenakan ketertarikan peneliti terhadap logo Rumah Zakat yang secara visual terlihat simple, modern, namun banyak simbol- simbol yang memiliki makna tersembunyi di dalamnya. Sekaligus peneliti ingin mencoba apakah logo Rumah Zakat benar-benar mencerminkan visi misi serta identitas sebagai salah satu lembaga filantropi terbaik di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna denotasi logo, makna konotasi logo, dan tanda-tanda yang menyebabkan adanya makna mitos pada logo Rumah Zakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Teori mitologi dan semiologi yang digunakan adalah teori mitologi dan semiologi Roland Barthes. Teori mitologi dan semiologi Roland Barthes signifikasi dua tahapnya yaitu pada tatanan pertama yang terdiri dari makna denotatif dan makna konotatif, sedang tatanan kedua mengkaji mengenai mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya makna denotatif, makna konotatif, serta makna mitos pada logo Rumah Zakat. Makna denotatif terlihat secara visual dengan adanya elemen-elemen simbol seperti bentuk hati berwarna orange, bentuk rumah yang memiliki pintu dibagian kanan yang memilki warna latar putih, serta typography “Rumah Zakat” yang berwarna hitam sebagai kesatuan unsur logo Rumah Zakat. Makna konotatif yang terdapat pada logo Rumah Zakat ialah bentuk hati yang melambangkan ketulusan serta rasa kasih sayang, bentuk rumah sebagai wadah penerima dan penyalur zakat, infaq, sedekah dan bentuk donasi lainnya. Warna orange memberi kesan hangat serta semangat. Warna putih memberikan kesan bersih dan minimalis, serta warna hitam menambah kesan elegan pada logo Rumah Zakat. Mitos pada logo Rumah Zakat ialah bahwa hati merupakan lambang kasih sayang yang pada kenyataannya simbol hati sebenarnya lebih mirip dengan jantung pada organ tubuh manusia. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti sebagai masukan bagi pihak Rumah Zakat dalam perihal logo, yaitu agar logo yang sudah ada dapat dipertahankan, tidak mengalami perubahan lagi, sehingga identitas Rumah Zakat mudah untuk selalu diingat oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Makna Logo Rumah Zakat
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: pustakawan
Date Deposited: 11 Feb 2020 09:00
Last Modified: 11 Feb 2020 09:00
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item