Triutami, Rini (2024) PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN RUMAH BATIK KOMAR BANDUNG SEBAGAI DESTINASI EDUWISATA (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Akun Instagram @batikkomar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
1. COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (809kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (754kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (570kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (927kB) |
|
Text
00. FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (468kB) |
|
Text
Scan Plagiarisme_2.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam upaya melestarikan Batik yang sudah tercatat sebagai warisan budaya tak bendawi di Unesco sejak Oktober 2009 serta ditetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, merupakan tugas dari Public Relations Rumah Batik Komar untuk mempromosikan program Edu Wisata kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Diperlukan strategi komunikasi serta kemampuan komunikasi yang tepat dari Public Relations untuk mewujudkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan diantaranya adalah untuk mengetahui alasan pemilihan Rumah Batik Komar memilih media sosial Instagram dalam menayangkan konten yang dihasilkan, apa saja strategi komunikasi Rumah Batik Komar dalam mempromosikan Rumah Batik Komar sebagai destinasi Edu Wisata serta apa saja hambatan dan solusi yang dialami oleh Rumah Batik Komar dalam upaya mempromosikan Rumah Batik Komar sebagai destinasi Edu Wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan teori New Media (Media Baru) yaitu Media Sosial Media Instagram, serta Digital Public Relations. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan fitur-fitur instagram dalam promosi terhadap destinasi Edu Wisata Rumah Batik Komar Bandung. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga cara yaitu me-reduksi data, penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) alasan pemilihan Rumah Batik Komar memilih media sosial Instagram dalam menayangkan konten yang dihasilkan adalah Instagram lebih luas cakupannya apalagi spesifikasi target marketnya generasi muda ; 2) strategi komunikasi Rumah Batik Komar dalam mempromosikan Rumah Batik Komar sebagai destinasi Edu Wisata adalah dengan Strategi Analisis SWOT Komunikasi Pariwisata (Edu Wisata). Adapun terdapat hambatan dan solusi yang dialami oleh Rumah Batik Komar dalam upaya mempromosikan Rumah Batik Komar sebagai destinasi Edu Wisata adalah tidak sering melakukan evaluasi terhadap konten yang telah dihasilkan adapun solusi yang diambil dalam upaya mempromosikan Edu Wisata adalah membuat akun khusus Edu Wisata yaitu @eduwisatabatikkomar_.” Kata kunci: Edu Wisata, Rumah Batik Komar, Digital Public Relations, New Media
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0038 |
Uncontrolled Keywords: | Edu Wisata, Rumah Batik Komar, Digital Public Relations, New Media |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs Rini Triutami |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:26 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:26 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4203 |
Actions (login required)
View Item |