IDENTIFIKASI MODEL GAYA BELAJAR (FELDER-SILVERMAN LEARNING STYLE MODEL) PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

ASMI, HANATYANI NUR (2024) IDENTIFIKASI MODEL GAYA BELAJAR (FELDER-SILVERMAN LEARNING STYLE MODEL) PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (620kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB)

Abstract

Pendidikan tinggi dihadapkan pada tantangan dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang memenuhi kebutuhan beragam mahasiswa, salah satu masalah penting adalah perbedaan gaya belajar mereka. Identifikasi gaya belajar secara manual dianggap kurang efektif, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih efisien dan akurat. Penelitian ini mengembangkan sistem identifikasi gaya belajar menggunakan Model Felder-Silverman dan metode Naïve Bayes, yang mengkategorikan gaya belajar dalam empat dimensi: aktif-reflektif, sensitif-intuitif, verbal-visual, dan sekuensial-global. Sistem ini dirancang untuk membantu dosen menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan preferensi mahasiswa, meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan akurasi yang signifikan untuk identifikasi gaya belajar, dengan akurasi tertinggi mencapai 98% pada dimensi verbal-visual. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes efektif dalam merekomendasikan strategi pembelajaran yang sesuai, mendukung personalisasi pembelajaran, dan meningkatkan efisiensi proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STF.24.0027
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Felder-Silverman, Naive Bayes, Sistem Identifikasi.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Hanatyani Nur Asmi
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:18
Last Modified: 03 Sep 2024 04:18
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item