ASMI, HANATYANI NUR (2024) IDENTIFIKASI MODEL GAYA BELAJAR (FELDER-SILVERMAN LEARNING STYLE MODEL) PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (509kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (620kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (503kB) |
|
Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (112kB) |
Abstract
Pendidikan tinggi dihadapkan pada tantangan dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang memenuhi kebutuhan beragam mahasiswa, salah satu masalah penting adalah perbedaan gaya belajar mereka. Identifikasi gaya belajar secara manual dianggap kurang efektif, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih efisien dan akurat. Penelitian ini mengembangkan sistem identifikasi gaya belajar menggunakan Model Felder-Silverman dan metode Naïve Bayes, yang mengkategorikan gaya belajar dalam empat dimensi: aktif-reflektif, sensitif-intuitif, verbal-visual, dan sekuensial-global. Sistem ini dirancang untuk membantu dosen menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan preferensi mahasiswa, meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan akurasi yang signifikan untuk identifikasi gaya belajar, dengan akurasi tertinggi mencapai 98% pada dimensi verbal-visual. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes efektif dalam merekomendasikan strategi pembelajaran yang sesuai, mendukung personalisasi pembelajaran, dan meningkatkan efisiensi proses pembelajaran di perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STF.24.0027 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Felder-Silverman, Naive Bayes, Sistem Identifikasi. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Hanatyani Nur Asmi |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:18 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4196 |
Actions (login required)
View Item |