Ridwan, Reza Abdullah (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE (Studi Kasus Pada Kafe Drink Clinic Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut – Jawa Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
Cover-3.pdf Download (108kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan-2.pdf Download (112kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan-3.pdf Download (104kB) |
|
Text
Abstrak-2.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB 1-1.pdf Download (339kB) |
|
Text
Reza Abdullah Ridwan_3112201069_Unggah Mandiri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka-3.pdf Download (160kB) |
|
Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf Download (97kB) |
Abstract
Beragamnya jenis kafe, mulai dari kafe dan resto hingga cofee shop dengan berbagai konsep tema dan menu yang unik, telah menarik minat pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya anak muda. Bisnis kafe juga ini tidak hanya ada di kota-kota saja, tapi ke daerah seperti pedesaan juga, bisnis kafe mulai bermunculan. Hal ini menjadikan pelaku bisnis harus mampu menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk membangun brand imagenya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kafe Drink Clinic di desa Bunbulang kecamatan Bungbulang, sebagai upaya untuk membangun brand image, dengan landasan teori marketing comminications tools, yang meliputi Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Pemasaran langsung, dan Hubungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuliatatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan penelitian menggunkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa (1) periklanan di media sosial seperti Facebook dan TikTok efektif meningkatkan kesadaran merek meskipun iklan berbayar tidak sepenuhnya disadari oleh konsumen; (2) promosi produk baru melalui media sosial tanpa diskon berhasil membangun brand image yang kuat; (3) keterlibatan dalam kegiatan sosial memperkuat citra positif kafe di mata masyarakat; (4) pelayanan yang ramah dan komunikasi yang baik dengan pelanggan menciptakan pengalaman positif yang meningkatkan loyalitas; dan (5) pemasaran langsung melalui WhatsApp dan DM Instagram menjaga hubungan dekat dengan pelanggan dan meningkatkan keterlibatan. Kafe Drink Clinic juga memanfaatkan (1) kekuatan fasilitas pendukung seperti lokasi strategis dan suasana nyaman, (2) keunikan melalui inovasi produk yang konsisten, dan (3) keunggulan dalam kombinasi harga terjangkau dan kualitas produk yang tetap terjaga. Sinergi dari semua elemen ini berhasil membangun brand image yang kuat dan positif bagi Kafe Drink Clinic, menjadikannya pilihan favorit konsumen. Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran, marketing communications tools, Drink clinic, brand image, kafe desa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0032 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran, marketing communications tools, Drink clinic, brand image, kafe desa |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mr Reza Ridwan |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:20 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:20 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4181 |
Actions (login required)
View Item |