ANALISIS KONDISI PERKERASAN DAN PENANGANAN KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN (Studi Kasus : Ruas Jalan Cukul – Buni Kasih (Batas Kab. Garut)

JUANDANA, HARIS (2023) ANALISIS KONDISI PERKERASAN DAN PENANGANAN KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN (Studi Kasus : Ruas Jalan Cukul – Buni Kasih (Batas Kab. Garut). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LEMBAR PENGSAHAN.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
TUGAS AKHIR TRANSPORTASI HARIS JUANDANA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Jalan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, baik saat ini maupun di masa yang akan datang. Dalam era industrialisasi, transportasi umum, angkutan barang, dan layanan jasa memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai, dan salah satunya adalah jalan raya. Namun, tingginya jumlah kendaraan yang melintas di atas permukaan jalan saat ini telah menyebabkan terjadinya kerusakan pada jalan. Penelitian ini akan berfokus pada analisis kondisi perkerasan dan penanganan kerusakan jalan pada lapis permukaan menggunakan 4 metode, yaitu Surface Distress Index (SDI), Road Condition Index (RCI), International Roughness Index (IRI), dan Pavement Condition Index (PCI). Hasil analisis kondisi jalan Cukul – Buni Kasih (Batas Kab. Garut) menunjukan bahwa seluruh analisis dilakukan secara visual. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan dengan menggunakan metode SDI, RCI, IRI dan PCI persentase kerusakan dan penanganannya adalah sama yaitu diperoleh dari nilai frekuensi yang paling dominan. Maka, untuk persentase kerusakan yang paling dominan adalah 31 % dengan kondisi rusak berat dan penanganan kerusakan yang direkomendasikan adalah rekonstruksi. Sementara itu, untuk jenis kerusakan yang paling dominan berdasarkan metode SDI adalah lubang (potholes), namun ada juga kerusakan lain yaitu retak (crack) dan bekas roda (rutting). Selanjutnya, jenis kerusakan yang paling dominan berdasarkan metode PCI adalah lubang (potholes), tetapi ada juga kerusakan lain seperti retak buaya (alligator cracking), tambalan (patching), retak samping (edge cracking), pelepasan butir (weathering/ravelling), dan bekas roda (rutting). Pemeliharaan yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas dan keberlanjutan infrastruktur jalan serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan di wilayah tersebut. Kata Kunci: Penilaian Kondisi Jalan, Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.23.0056
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kondisi Jalan, Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 03 Aug 2024 04:20
Last Modified: 03 Aug 2024 04:20
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item