STABILISASI TANAH DENGAN CAMPURAN KAPUR 12,5%, 15%, DAN 17,5% PADA JALAN TOL CISUMDAWU DENGAN PENGUJIAN TRIAXIAL UU

Andri Yogaswara, Raden (2023) STABILISASI TANAH DENGAN CAMPURAN KAPUR 12,5%, 15%, DAN 17,5% PADA JALAN TOL CISUMDAWU DENGAN PENGUJIAN TRIAXIAL UU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover TA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Dan Surat Pernyataan keabsahan.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (42kB)
[img] Text
FULL TA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB)

Abstract

Di Indonesia pertumbuhan infrastruktur khususnya pembangunan konstruksi jalan tol semakin panjang dan banyak. Konstruksi jalan tol tersebut berada di atas tanah. Tanah merupakan material yang sangat berpengaruh dan berperan penting dalam suatu pekerjaan konstruksi jalan, baik untuk subgrade ataupun lapisan pondasi bawah (LPB). Sehingga diperlukan tanah yang stabil dan memiliki nilai daya dukung yang memadai dan tinggi untuk memikul beban diatasnya. Namun seperti diketahui setiap daerah memiliki karakteristik tanah yang berbeda-beda, untuk kondisi tanah yang memiliki nilai daya dukung yang rendah atau kondisi yang kurang bagus, maka untuk itu diperlukan stabilisasi dengan suatu tindakan memperbaiki beberapa sifat-sifat teknis tanah baik secara fisik, kimiawi, maupun mekanis. Material yang digunakan dalam perbaikan tanah pada umumnya yaitu tanah lempung. Jalan tol Cisumdawu pada seksi III Sumedang – Cimalaka ditemukan beberapa segmen jalan dengan tanah-tanah lunak dan ekspansif sehingga dalam penelitian ini dilakukan stabilisasi tanah lempung dengan campuran kapur terhadap nilai kuat geser tanah dengan pengujian triaxial UU. Stabilisasi tanah dengan campuran kapur 12,5%, 15%, dan 17,5%. Hasil pengujian Triaxial UU pada tanah asli didapat nilai c = 0,184 kg/cm2 dan  = 11.166o . Dan untuk campuran tanah + kapur didapat peningkatan nilai kohesi tanah (c) sebesar 319,02% (12,5%), 352,17% (15%), dan 382,07% (17,5%). Sedangkan peningkatan parameter sudut geser tanah () adalah 141,55% (12,5%), 144,34% (15%), dan 148,17% (17,5%). Kata Kunci : stabilisasi tanah, uji triaxial UU, kapur, kohesi tanah, sudut geser tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.23.0015
Uncontrolled Keywords: stabilisasi tanah, uji triaxial UU, kapur, kohesi tanah, sudut geser tanah
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:40
Last Modified: 02 Aug 2024 06:40
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3962

Actions (login required)

View Item View Item