PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PAYLATER GEN-Z DI KOTA BANDUNG

WIDIANI, WINI (2024) PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PAYLATER GEN-Z DI KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB)

Abstract

Pertumbuhan pesat teknologi keuangan di era globalisasi telah memunculkan beragam inovasi dalam sistem pembayaran. Salah satu inovasi terkini adalah fitur pembayaran PayLater yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian barang tanpa pembayaran secara langsung pada saat transaksi. Dalam konteks pertumbuhan teknologi keuangan dan inovasi sistem pembayaran seperti Shopee PayLater, gaya hidup memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi perilaku konsumtif khususnya pada Gen Z di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar gaya hidup mempengaruhi perilaku konsumtif pada generasi Z yang menggunakan e-commerce Shopee Paylater di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden Gen Z pengguna Shopee paylater di Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis secara parsial, uji koefisien determinasi, uji validitas dan uji reliabilitas. Peneliti menggunakan bantuan software pengolah data Statistical Program For Social Science (SPSS) Versi 23. Berdasarkan hasil uji hipotesis gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 12,124 > t tabel 1,98447 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. nilai koefisien determinasinya diperoleh dengan nilai sebesar 0,775 atau apabila dipersentasekan menjadi 77,5%. Maka hal ini menunjukan bahwa variabel gaya hidup memberikan kontribusi sebesar 77,5% terhadap perilaku konsumtif sedangkan untuk 22,5% lainnya diduga dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.24.0010
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Shopee Paylater, Gaya Hidup, Gen Z
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Mrs Wini Widiani
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:26
Last Modified: 17 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item View Item