STUDI KOMPARATIF PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA DALARN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SMAARTPHONE DI ISTANA BEC

Nurmartiani, Erika (2018) STUDI KOMPARATIF PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA DALARN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SMAARTPHONE DI ISTANA BEC. Jurnal Techno-Socio Ekonomika Universitas Sangga Buana YPKP, Vol.11 (1). pp. 1-15. ISSN 1979-4835

[img] Text
Jurnal Techno Vol 11 No 1_1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya produk-produk smartphone yang tuenawarkan berbagai fasilitas-fasilitas lengkap dan menarik,menjadikan masyarakat tertarik untuk membeli dan selalu mengikuti arah perkembangan media teknologi komunikasi yang canggih. iPhone dan Samsung Galaxy S Series adalah dua model smartphone yang kini menguasai pasar dan sangat digemari oleh masyarakat. Fitur yang ditawarkan kedua merek smartphone tersebut sangat mirip, namun harga yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Persaingan pun terjadi di antara dua merek Smartphone terkemuka ini. Sehingga timbul pertanyaan bagaimana perbandingan atribut produk dan harga dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis studi komparatif proses pengambilan keputusan pembelian konsumen sebagai dampak dari atribut produk dan harga iPhone dan Samsung Galaxy S Series. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengidentifikasi perbandingan atribut produk dan harga kedua Smartphone tersebut sehingga terjadi proses keputusan pembelian konsumen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 100 konsumen Istana Bandung Electronic Center yang akan metnbeli iPhone dan Samsung Galaxy S Series dengan dengan hanya menyebar 10 lembar kuesioner setiap harinya. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan uji beda dengan menggunakan SPSS 16.0. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini betsifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian regresi nilai sig. atribut produk dan harga iPhone dan Samsung Galaxy S Series lebih kecil dari nilai hal ini menunjukkan bahwa tedapat pengaruh atribut produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian iPhone dan Samsung Galavy S Series. Secara keseluruhan, atribut produk iPhone lebih unggul dari pada Samsung Galaxy S Series, sedangkan harga Samsung Galaxy S Series lebih unggul dari pada iPhone, yang berarti bahwa konsumen lebih mernilih iPhone berdasarkan atribut produknya dan Samsung Galaxy S Series berdasarkan harganya. Hal ini terlihat dari nilai mean iPhone yang lebih positif dari Samsung Galaxy S Series, serta terbukti terdapat perbedaan proses keputusan pembelian antara iPhone dan Samsung Galaxy S Series

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, Harga, Proses keputusan pembelian
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal TechnoSocio Ekonomika
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:29
Last Modified: 13 Jan 2020 02:38
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item