ANALISA TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN KABUPATEN STUDI KASUS JALAN RAYA SAPAN KABUPATEN BANDUNG

Coo, Makarius Kristian Maring (2024) ANALISA TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN KABUPATEN STUDI KASUS JALAN RAYA SAPAN KABUPATEN BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.docx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB)
[img] Text
surat bebas plagiarisme .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Ruas jalan raya Sapan–Bandung merupakan akses jalan menuju wilayah Majalaya dan Gedebage Selatan, sering dilalui kendaraan kecil hingga truk pengangkut barang-barang industri, peralatan berat, tekstil, dan lainnya. Signifikansinya terletak pada kelancaran lalu lintas dan kontribusinya terhadap ekonomi Kabupaten Bandung, memperkuat potensi ekonomi dan perkembangan wilayah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini memfokuskan pada mengevaluasi kondisi lalu lintas di jalan raya Sapan, menganalisis kapasitas lalu lintas jalan saat sekarang, dan menentukan alternatif/perbaikan kapasitas jalan. Pengumpulan data mengunakan data primer diperoleh melalui perhitungan kinerja jalan. Metode penelitian ini adalah deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah ruas jalan raya Sapan yang terbagi dalam tiga segmen. Hasil dari penelitian adalah kondisi lalu lintas di jalan raya Sapan berdasarkan analisis diketahui bahwa jalan raya Sapan merupakan dua lajur dua arah tak terbagi dengan lebar 6 meter, tidak memiliki trotoar, bahu jalan < 0,5 meter, dan lalu lintas harian rata-rata (smp/jam) yang tinggi terjadi di segmen 2 sebesar 1092,43 smp/jam dan paling rendah pada segmen 3 sebesar 966,375 smp/jam. Kapasitas jalan raya Sapan sekarang diketahui sebesar 2380,21 smp/jam yang artinya belum mencapai jenuh. Hal ini terlihat dari angka derajat kejenuhan sebesar 0,45 pada segmen 1, 0,46 pada segmen 2, dan 0,41 pada segmen 3. Dari hasil analisis kapasitas dan derajat kejenuhan diperoleh kesimpulan bahwa tidak perlu mengubah dimensi penampang melintang jalan dan membuat perhitungan baru, melainkan dilakukan perawatan rutin agar jalan tersebut bisa mencapai umur rencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.24.0023
Uncontrolled Keywords: Volume Lalu Lintas, Kapasitas, Derajat Kejenuhan
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mr Makarius Kristian Maring Coo
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:04
Last Modified: 12 Jun 2024 03:04
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item