ANALISA PERENCANAAN POROS BELAKANG KENDARAAN PICK UP MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN MANUAL DAN SIMULASI

PERMANA SHIDIQ, ADHIA (2024) ANALISA PERENCANAAN POROS BELAKANG KENDARAAN PICK UP MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN MANUAL DAN SIMULASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB)
[img] Text
3. Lembar pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (525kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB)
[img] Text
7. Bab I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR_Adhia Permana Shidiq_2115191063_Teknik Mesin_D.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (127kB)
[img] Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Kendaraan Pick Up merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mengankut barang. Kendaraan jenis ini sering mengalami kerusakan pada axle shaft seperti patah, retak maupun bengkok. Hal ini diakibatkan para pelaku usaha sering kali memaksimalkan muatannya. Pada penelitian akan berfokus pada perencanaan pengguanan poros dengan beban yang diberikan pada axle shaft belakang sebesar 754,65 kg dengan daya 88 HP dan pada putaran 6000 rpm. Pada penelitian ini akan diketahui tegangan-tegangan yang terjadi pada poros seperti tegangan lentur, tegangan puntir, dan tegangan gabungan. Dalam mencari tegangan gabungan yang terjadi pada poros akan dilakukan dengan menggunakan cara grafis atau mohr circle. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini berupa metode dengan hitung manual dan simulasi yang menggunakan software solidworks. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui diameter yang akan digunakan pada poros, mengetahui tegangan yang terjadi pada poros dan membandingkan tegangan yang terjadi dengan keamanan poros itu sendiri sehingga mendapatakan sebuah kesimpulan hasil perencanaan poros yang dilakukan pada penelitian ini aman atau tidak untuk digunakan. Adapun hasil analisa pada penelitian ini, diameter poros yang digunakan adalah 45 mm dan tegangan gabungan maksimum pada poros dengan metode hitung manual: 3,23504 kg/mm^2 atau 1620,504 kg/cm^2 dan metode simulasi: 1620,56193 kg/cm^2. Berdasarkan penelitian dengan mengguanakan metode hitung manual atau dengan simulasi poros yang direncanakan Aman untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.24.0005
Uncontrolled Keywords: Rear Axle, Poros, Keamanan poros, Pick Up, Tegangan Lentur, Tegangan Puntir, Tegangan Gabungan, Mohr Circle, Perencanaan poros.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Adhia Permana Shidiq Adhia
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:24
Last Modified: 03 Apr 2024 03:24
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item