ANALISIS STABILITAS TIMBUNAN JALAN DI ATAS TANAH LUNAK MENGGUNAKAN KONSTRUKSI BERTAHAP DENGAN PERKUATAN GEOTEKSTIL

PUSPALIGAR TRIANI, ENDAH (2024) ANALISIS STABILITAS TIMBUNAN JALAN DI ATAS TANAH LUNAK MENGGUNAKAN KONSTRUKSI BERTAHAP DENGAN PERKUATAN GEOTEKSTIL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keabsahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305kB)
[img] Text
6. TUGAS AKHIR ENDAH 2024 (skripsi full).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text
8. SURAT PLAGIARISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368kB)

Abstract

Tanah memiliki struktur dan karakteristik yang berbeda-beda setiap daerah. Seperti pada Ruas Jalan Bts. Kota Toli Toli – Silondou memiliki jenis tanah yang lunak, hal tersebut menyebabkan terjadinya penurunan badan jalan (settlement), selain itu dikarenakan jalan berada pada Daerah Aliran Sungai dimana muka air banjir lebih tinggi dari elevasi jalan eksisting sehingga mengakibatkan terjadinya banjir. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan topik bahasan Analisis Stabilitas Timbunan Jalan Di Atas Tanah Lunak Menggunakan Konstruksi Bertahap dengan Perkuatan Geotekstil. Dalam penelitian ini dilakukan perbaikan tanah dasar menggunakan perkuatan geotekstil dengan metode konstruksi bertahap. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui angka keamanan timbunan jalan di atas tanah lunak dan mengetahui besarnya penurunan konsolidasi tanah pada timbunan jalan di atas tanah lunak menggunakan program Plaxis V20 2D maupun menggunakan perhitungan secara manual Hasil Interpretasi Data CPTu. Data tanah yang dipakai merupakan data hasil pengujian CPTu dilapangan pada Ruas Jalan Bts. Kota Toli Toli – Silondou STA 9+300. Besarnya Perhitungan Manual dan Program Plaxis V20 2D untuk mencapai derajat konsolidasi 95% tidak memiliki perbedaan yang signifikan dimana besar penurunan untuk mencapai derajat konsolidasi 95% hanya memiliki perbedaan 3 cm untuk perhitungan menggunakan program Plaxis V20 2D dengan geotekstil dan 4 cm untuk perhitungan menggunakan program Plaxis V20 2D tanpa geotekstil. Adapun perbedaan waktu terbesar mencapai 12 hari antara perhitungan manual dan Program Plaxis V20 2D. Sedangkan besar penurunan tanah pada waktu 3 bulan memiliki perbedaan sebesar 2 cm, dan pada waktu 6 bulan memiliki perbedaan sebesar 7 cm, sedangkan pada waktu 12 bulan memiliki perbedaan sebesar 1 cm. Selain itu, angka keamanan timbunan jalan di atas tanah lunak menggunakan konstruksi bertahap dengan perkuatan geotekstil diperoleh perubahan yang dicapai pada tahap konsol 1 sebesar 38,70%, kemudian pada tahap konsol 2 sebesar 29,39%, lalu pada tahap preload sebesar 14,26% dan pada tahap U-95% sebesar 13,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.24.0002
Uncontrolled Keywords: Tanah Lunak, Penurunan Konsolidasi Tanah, CPTu
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mrs. Endah Puspaligar Triani
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:10
Last Modified: 02 Feb 2024 06:10
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item