PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK PORTAL BEASISWA (Studi Asosiatif di PT. Integra Solusi Teknotama Bandung)

Wulandari, Puspa (2021) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK PORTAL BEASISWA (Studi Asosiatif di PT. Integra Solusi Teknotama Bandung). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
SKRIPSI PUSPA WULANDARI ADBIS 3111171015 REGULER PAGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan suatu hal mengenai pemasaran media sosial (X) dan ekuitas merek (Y) pada Instagram Portal Beasiswa, serta besar pengaruh pemasaran media sosial (X) terhadap ekuitas merek (X) Portal Beasiswa yang mana permasalahan terjadi dilatar belakangi oleh kondisi minimnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan minimnya dana penunjang jalannya proyek Portal Beasiswa di PT. Integra Solusi Teknotama Bandung. Kajian teori yang mendasari penelitian ini adalah teori manajemen, pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, pemasaran digital, pemasaran media sosial, dan ekuitas merek. Kajian non teoritis dalam penelitian ini adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Media Sosial (UU ITE) dan Undang-undang Merek dan Indikasi Geografis (UU Merek dan IG). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probalility sampling berupa simple random sampling, dengan jumlah sampel minimal sebanyak 78 responden. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, Method of Succesive Interval (MSI), uji hipotesis simultan (uji F), uji hipotesis parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolah data statistik menggunakan IBM SPSS version 28.0.0.0 (190). Berdasarkan hasil analisis inferensial variabel pemasaran media sosial (X) yaitu sebesar 83% dan ekuitas merek (Y) sebesar 75%, hal ini menunjukkan keduanya berada pada kategori yang baik. Uji hipotesis simultan (uji F) diperoleh nilai F sig. <.001 yang mana nilainya lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) = 0,05 , maka H0 ditolak dan dapat diartikan bahwa pemasaran media sosial (X) memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek (Y). Hasil uji hipotesis parsial (uji t) menyatakan bahwa pemasaran media sosial (X) memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh pemasaran media sosial (X) terhadap ekuitas merek (Y) Portal Beasiswa berada pada persentase 30,2% dan sebesar 60,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran media sosial (X) dan ekuitas merek (Y) pada Portal Beasiswa sudah masuk kedalam kategori yang baik dimata audiens dan pemasaran media sosial (X) memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek (Y) Portal Beasiswa. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian dengan menggunakan variabel independen lainnya yang juga memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek (Y) dengan cakupan analisis yang lebih luas secara ilmiah guna mengembangkan pengetahuan. Saran bagi perusahaan yaitu diharapkan perusahaan dapat memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam proyek Portal Beasiswa ini dibantu dengan persiapan dana yang cukup baik dana yang berasal dari dalam atau luar perusahaan seperti investor guna mencapai ekuitas merek (Y) yang lebih baik dan menyempurnakan teori yang sudah ada sebelum terjun ke lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.21.0021
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Merek, Instagram
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 06 Jan 2024 02:28
Last Modified: 06 Jan 2024 02:28
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item View Item