Sitanggang, Yogi Rifael (2021) ANALISIS PENERAPAN E-WALLET OLEH PELAKU UMKM DI KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
Text
COVER.pdf Download (264kB) |
|
Text
PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf Download (798kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI FUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk konsumen. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan cara melakukan pembayaran trasformasi digital yang sudah merebak ke berbagai penjuru di dunia. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan e-wallet yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Kota Bandung yang mengacu pada tujuh fokus penelitian yaitu ketersediaan menggunakan e-wallet (personal innovativeness), kemudahan penggunaan e-wallet (Perceived Ease of Use (EAS)), kesesuaian inovasi baru e-wallet (Perceived Compatibility), kegunaan pemahaman e-wallet (Perceived Usefulness), keamanan dari e-wallet (Perceived Security), hadiah yang didapat ketika menggunakan e-wallet (Rewards) dan pengaruh sosial sebelum menggunakan e-wallet (Social Influence). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui penerapan dari e-wallet tanpa membuat suatu perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan empat informan kunci dari pelaku UMKM di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-wallet oleh pelaku UMKM di Kota Bandung dapat dikatakan sangat berguna dan efisien. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian setiap variable pada focus penelitian, yaitu pada personal innovativeness dikatakan bahwa hasilnya telah memudahkan pengguna dalam bertransaksi meskipun ada beberapa kendala yang dirasakan akan tetapi hal tersebut sudah efektif dan efisien. Pada perceived easy of use dikatakan bahwa hasilnya sangat mampu mengurangi transaksi tunai, frekuensi penggunan dan interaksi antar system dan pengguna mampu menujukkan kemudahan. Pada perceived compatibility dikatakan bahwa hasilnya inovasi yang diberikan sudah sangat cocok dengan perkembangan jaman. Pada perceived usefulness dikatakan bahwa hasilnya tingkat pemahaman individu tinggi yang berarti akan meningkatkan kinerja secara nyata. Pada rewards dikatakan bahwa hasilnya telah menerima hadiah yang diberikan developer kepada pengguna sesuai dengan kondisi tertentu dan pada social influence dikatakan bahwa hasilnya rekomendasi merupakan hal yang sering terjadi pada pengaruh sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SAB.21.0019 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : UMKM, e-wallet, personal innovativeness, Perceived Ease of Use (EAS), Perceived Compatibility, Perceived Usefulness, Perceived Security, Rewards dan Social Influence. |
Subjects: | Skripsi S1 > Administrasi Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 06 Jan 2024 02:27 |
Last Modified: | 06 Jan 2024 02:27 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3384 |
Actions (login required)
View Item |