ANALISIS PENGARUH BORE UP TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR TYPE 2 LANGKAH

Nasrulloh, Fauzan (2023) ANALISIS PENGARUH BORE UP TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR TYPE 2 LANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Draft TA Fauzan1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada mesin 2-langkah maupun 4-langkah peran piston dan batang torak sangatlah penting untuk meningkatkan kapasitas mesin yang maksimal mungkin dilakukan bore up yaitu dengan penggantian piston maupun batang piston, maka dalam hal ini dilakukan penelitian tentang kinerja mesin yang dihasilkan jika kondisi mesin sudah di bore up. Dalam penelitian ini diambil data daya dan torsi, dalam kondisi mesin semi racing, pengambilan data ini menggunakan metode throttle spontan,dalam tahapan ini motor dihidupkan kemudian dimasukan pada gigi rasio 4 kemudia throttle di tahan pada putaran mesin 4000 rpm, setelah stabil kemudian throttle dinaikan secara spontan sampai maksimal pada putaran 12.000 Rpm, hasil pengujian dari metode ini adalah daya dan torsi yang dikeluarkan dari dynotest. Pada metode ini grafik pada dynotest tidak dapat dikeluarkan, hanya daya dan torsi yang dapat terlihat karena grafik hanya terlihat dengan metode throttle spontan. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar daya dan torsi, yang dihasilkan oleh mesin. yang telah di bore up semi racing dengan kapasitas 119 cc yang menggunakan bearing kruk as type high speed dengan limit putaran 16.000 rpm, dan memodifikasi blok silinder dengan melakukan porting pada bagian intake, transfer, dan exhaust. Serta memodifikasi kruk as dengan menambah berat pada bagian bandul kruk as. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi mesin yang telah di modifikasi semi racing menghasilkan daya dan torsi yang tinggi. Hal ini di pengaruhi oleh faktor penggunakan piston dengan diameter 54mm dan pengaruh penggunaan bearing racing type high speed dengan limit putaran hingga 16.000 rpm. Serta pengaruh dilakukan proses porting pada bagian intake, transfer, dan exhaust yang vii menghasilkan daya 17.09 HP pada putaran mesin 10.277 Rpm dan torsi sebesar 12.74 N/m pada putaran mesin 9.659 Rpm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.23.0014
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bore up, silinder
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:33
Last Modified: 14 Dec 2023 04:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item