PENGUKURAN TINGKAT E-READINESS ADOPSI E-COMMERCE PADA RESELLER MOUZA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY READINESS INDEX

NURAHMAN, IMAN (2023) PENGUKURAN TINGKAT E-READINESS ADOPSI E-COMMERCE PADA RESELLER MOUZA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY READINESS INDEX. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Lembar Pernyataan.pdf

Download (414kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

IMAN NURAHMAN–2116191036. Pengukuran Tingkat E-Readiness Adopsi E-Commerce Pada Reseller Mouza Indonesia Menggunakan Metode Technology Readiness Index. Di bawah bimbingan Bapak Khaerul Manaf. E-commerce merupakan konsep yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang pada internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet. Data survei e-commerce 2019 oleh BPS menunjukkan bahwa dari total usaha yang dihitung, hanya 15,08 persen yang termasuk dalam kategori e-commerce. Survei ini dilakukan dengan mengambil sampel dari 3.504 Blok Sensus yang tersebar di 101 kabupaten/kota di semua provinsi di Indonesia pada tahun 2019.. Hal ini menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan melalui internet di Indonesia masih tergolong rendah, usaha di Indonesia masih didominasi dengan jenis usaha konvensional. Belum diketahui faktor-faktor kesiapan adopsi e-commerce pada Reseller Mouza Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana kesiapan adopsi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesiapan adopsi e-commerce. Penelitian ini menggunakan model Technology Readiness Index (TRI). Populasi pada penelitian ini adalah PT. Mouza Sinergi Indonesia terfokus pada para Reseller yang menjual produk Mouza. Sampel yang digunakan dari populasi tersebut berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisa menggunakan PLS-SEM serta proses analisis data menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari empat hipotesis diterima. Sehingga faktor yang mempengaruhi kesiapan adopsi e-commerce adalah variable Optimism terhadap IT v Adoption dan Discofort terhadap variabel customer IT Adoption. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan dan memanfaatkan e-commerce sebagai media transaksi jual-beli secara online bagi para Resseler Mouza Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SSI.23.0022
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kesiapan adopsi, e-commerce, Technology Readiness Index, PLS- SEM.
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:11
Last Modified: 13 Dec 2023 03:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item