HAMIDAH, SAPNAH (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PELAJAR GUNA MENINGKATKAN NOMINAL PRODUK SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) PADA BANK BJB KANTOR CABANG BUAH BATU BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
Text
1. COVER.pdf Download (242kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (385kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (353kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
TA Sapnah Hamidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan nasabah guna meningkatkan nominal produk Simpanan Pelajar (SimPel) pada Bank bjb Kantor Cabang Buah Batu Bandung. Dari data yang telah diterima, pada tahun 2018 hingga tahun 2022 bank mengalami fluktuasi pertumbuhan jumlah nasabah dan jumlah nominal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara menganalisis jenis data time series serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa bank bjb Kantor Cabang Buah Batu Bandung dalam memasarkan produk tabungan SimPel adalah menggunakan metode Segmentation Customer Market atau segmentasi, targeting, positioning yang selanjutnya diimplementasikan menggunakan bauran pemasaran yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses) serta physical evidence (bukti fisik). Dalam mengimplementasikan pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah nominal terdapat hambatan diantaranya karena dampak pandemi Covid-19 pada periode 2020 sampai 2021 yang mengakibatkan bank tidak dapat melakukan kegiatan marketing secara optimal. Pada tahun 2019, jumlah nominal sempat mengalami pertumbuhan sebesar 19,76% (Rp. 127.081.000) dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun pada tahun 2020 hingga tahun 2022 terus mengalami penurunan. Selain karena pandemi covid- 19, hambatan pada pengimplementasian pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah nominal adalah kurangnya kesadaran para pelajar akan pentingnya menabung. Solusi nya adalah dengan mengadakan edukasi serta menyediakan layanan perbankan yang dapat mempermudah para pelajar dalam bertransaksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | DKP.23.0004 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Segmentation Customer Market, Strategi Pemasaran, SimPel |
Subjects: | Tugas Akhir D3 > Keuangan Dan Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Keuangan Dan Perbankan (D3) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:06 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 04:10 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3075 |
Actions (login required)
View Item |