IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PELAJAR GUNA MENINGKATKAN NOMINAL PRODUK SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) PADA BANK BJB KANTOR CABANG BUAH BATU BANDUNG

HAMIDAH, SAPNAH (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PELAJAR GUNA MENINGKATKAN NOMINAL PRODUK SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) PADA BANK BJB KANTOR CABANG BUAH BATU BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
TA Sapnah Hamidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan nasabah guna meningkatkan nominal produk Simpanan Pelajar (SimPel) pada Bank bjb Kantor Cabang Buah Batu Bandung. Dari data yang telah diterima, pada tahun 2018 hingga tahun 2022 bank mengalami fluktuasi pertumbuhan jumlah nasabah dan jumlah nominal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara menganalisis jenis data time series serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa bank bjb Kantor Cabang Buah Batu Bandung dalam memasarkan produk tabungan SimPel adalah menggunakan metode Segmentation Customer Market atau segmentasi, targeting, positioning yang selanjutnya diimplementasikan menggunakan bauran pemasaran yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses) serta physical evidence (bukti fisik). Dalam mengimplementasikan pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah nominal terdapat hambatan diantaranya karena dampak pandemi Covid-19 pada periode 2020 sampai 2021 yang mengakibatkan bank tidak dapat melakukan kegiatan marketing secara optimal. Pada tahun 2019, jumlah nominal sempat mengalami pertumbuhan sebesar 19,76% (Rp. 127.081.000) dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun pada tahun 2020 hingga tahun 2022 terus mengalami penurunan. Selain karena pandemi covid- 19, hambatan pada pengimplementasian pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah nominal adalah kurangnya kesadaran para pelajar akan pentingnya menabung. Solusi nya adalah dengan mengadakan edukasi serta menyediakan layanan perbankan yang dapat mempermudah para pelajar dalam bertransaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: DKP.23.0004
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Segmentation Customer Market, Strategi Pemasaran, SimPel
Subjects: Tugas Akhir D3 > Keuangan Dan Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan Dan Perbankan (D3)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:06
Last Modified: 15 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item