PRODUKSI KONTEN BERITA FEATURE BERBASIS VIRTUAL REALITY (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pembuatan Virtual Tour Video 360° Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat)

Al-ghiffari, Muhammad Hikmatyar (2023) PRODUKSI KONTEN BERITA FEATURE BERBASIS VIRTUAL REALITY (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pembuatan Virtual Tour Video 360° Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
00. FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memproduksi “Produksi konten berita feature berbasis virtual reality (pembuatan virtual tour video 360° museum monumen perjuangan rakyat Jawa Barat)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seluruh proses pembuatan konten seperti Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi dan untuk mengetahui hambatan yang dialami Ketika proses produksi di museum monumen perjuangan rakyat Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan adalah dnegan observasi langsung ke lokasi penelitian, melakukan wawancara kepada informan kunci, dan melakukan dokumentasi selama proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Dalam penelitian ini koordinator tour guide museum monumen perjuangan rakyat Jawa Barat menjadi informan kunci. Hasil dari penelitian ini adalah (1) proses pra produksi meliputi mengobservasi lokasi yang akan diteliti, mewawancarai informan kunci untuk dijadikan script dalam video, mempersiapkan peralatan yang akan digunakan nanti Ketika tahap Produksi. (2) Proses produksi meliputi memposisikan lighting di tempat yang kekurangan Cahaya. Mempersiapkan kamera 360, merekam keseluruhan isi museum, memindahkan file video dari kamera ke laptop menggunakan memory card reader, merekam audio untuk nanti dijadikan voice over di dalam video (3) proses Pasca Produksi meliputi capturing, logging, editing picture, editing sound, final cut dan publikasi ke media sosial youtube dan bisa dinikmati menggunakan virtual reality headset (4) hambatan yang dialami Ketika proses produksi adalah kurangnya pencahayaan di dalam museum yang mengakibatkan timbulnya noise di dalam video & banyak nya stopkontak yang tidak berfungsi di dalam museum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0028
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Produksi, Konten, video 360, museum, feature
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:13
Last Modified: 12 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item