PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TREND CITAYAM FASHION WEEK (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018-2020 Universitas Sangga Buana YPKP Bandung)

Firmansyah, Angga (2023) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TREND CITAYAM FASHION WEEK (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018-2020 Universitas Sangga Buana YPKP Bandung). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
00. FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Persepsi Mahasiswa Terhadap Trend Citayam Fashion Week : Analisis Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses seleksi stimulus, interpretasi dan reaksi atau tingkah laku Mahasiswa Ilmu Komunikasi terhadap Trend Citayam Fashion Week. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif kualitatif, melakukan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depentabilitas dan uji kommpimabilitas. Dalam penelitian ini 3 orang mahasiswa yang mengikuti Trend ini sebagai informan kunci dan 3 orang mahasiswa sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses seleksi stimulus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung beragam, hal ini dipengaruhi oleh stimulus yang diterima oleh alat indera serta faktor – faktor yang dapat mempengaruhi seperti faktor personal yaitu perhatian. Secara garis besar hanya 2 proses seleksi yang dilakukan yaitu dengan cara melewati, mempercepat dan mengganti saluran, dan juga pergi meninggalkan tempat yang sedang membicarakan atau menggelar Trend ini. (2) Interpretasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung beragam, hal ini dipengaruhi oleh faktor fungsional dan faktor struktural yang didalamnya terdapat faktor perhatian dan lingkungan. Secara keseluruhan mahasiswa mengpresiasi kreatifitas Trend ini, hanya saja terdapat hal – hal yang harus diperbaiki dan diperhatikan. Namun ada informan yang menganggap bahwa Trend ini merupakan gerakan perlawanan sosial yang bertujuan sebagai tamparan bagi pemerintah setempat. (3) Tingkah laku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung beragam, hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, yaitu faktor kebiasaan, perhatian dan sudut pandang mahasiswa. Secara garis besar tingkah laku yang bisa dilakukan hanya sebatas mengomentari media sosial yang menyebarkan informasi tentang Trend ini, namun ada juga informan yang ingin membuat Trend yang serupa akan tetapi dikemas dengan cara yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0037
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa, Trend Citayam Fashion Week
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:11
Last Modified: 12 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item