PROTOTIPE DETEKSI TARGET POIN UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN WASIT PADA PERTANDINGAN BELADIRI KEMPO POINT TARGET DETECTION PROTOTYPE TO ASSIST REFEREE DECISION MAKING IN KEMPO MARTIAL ARTS MATCHES

FAUZAN, MUHAMMAD (2023) PROTOTIPE DETEKSI TARGET POIN UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN WASIT PADA PERTANDINGAN BELADIRI KEMPO POINT TARGET DETECTION PROTOTYPE TO ASSIST REFEREE DECISION MAKING IN KEMPO MARTIAL ARTS MATCHES. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (987kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI M. FAUZAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beladiri Kempo adalah sebuah disiplin, beladiri yang menggabungkan teknik-teknik bertarung dari berbagai beladiri tradisional. Dalam pertandingan kempo terutama dalam cabang pertarungan bebas, salah satu faktor penting dalam mengambil keputusan adalah kemampuan untuk mendeteksi titik-titik/poin target yang benar dan waktu yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah prototipe berupa deteksi target poin secara elektronik yang dapat membantu wasit pada sebuah pertandingan dalam pengambilan keputusan yang lebih objektif dan konsisten. Alat ini akan di pasang di masing – masing peserta pertandingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Software Development Life Cycle (SDLC), yaitu serangkaian tahapan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan terekomendasi dengan baik. Tahapan-tahapan yang akan diimplementasikan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dalam tahap analisis kebutuhan, akan dilakukan studi literatur, dan wawancara dengan narasumber untuk mengidentifikasi persyaratan sistem, termasuk kriteria dan aturan dalam pendeteksian titik target. Selanjutnya, tahapan perencanaan sistem akan mencakup perancangan antarmuka pengguna, algoritma pendeteksian titik target, dan integrasi dengan perangkat keras yang sesuai. Tahapan pengujian akan melibatkan uji coba simulasi dengan skenario kompetisi pertarungan bebas. Evaluasi kualitas dan kehandalan sistem simulasi akan dilakukan dengan memperlihatkan akurasi, waktu respons, dan konsisten dalam mendeteksi titik target. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan objektivitas dan konsistensi dalam pengambilan keputusan pada kompetisi kempo. Selain itu, penelitian ini akan membuat sebuah prototipe sebuah alat yang mendeteksi pukulan atau tendangan. Diharapkan prototipe ini dapat bermanfaat para peserta dan wasit pada saat kompetisi untuk mengurangi kesalahan keputusan dalam sebuah pertandingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STE.23.0008
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kempo, Beladiri, Deteksi, Poin, Keputusan.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:08
Last Modified: 13 Dec 2023 05:46
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item