PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN DAN DAYA SAING PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN TASIKMALAYA

Rahmadyla, Eldya (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN DAN DAYA SAING PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (155kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
00. FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan teknologi menuju kearah serba digital. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha untuk harus mampu bertahan pada era globalisasi ini. Permasalahan yang terjadi pada pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya saat ini adalah belum adanya kestabilan dan rendahnya pendapatan dan daya saing pada pelaku UMKM di Kab. Tasikmalaya salah satunya disebabkan oleh masih rendahnya penggunaan digital marketing pada pelaku UMKM di Kab. Tasikmalaya dalam memasarkan produknya (lebih berfokus kepada pemasaran konvensional). Pelaku usaha belum bisa menentukan strategi pemasaran sesuai target yang ditetapkan sehingga produk UMKM menjadi kurang mendapat perhatian pasar karena segmen pasar yang tidak jelas. Hal ini menyebabkan pelaku UMKM tidak memiliki kekuatan daya saing untuk bersaing di pasar global, kondisi ini menyebabkan tingkat pendapatan UMKM tidak stabil sehingga usaha yang masuk pada kategori usaha mikro sulit untuk berkembang menjadi usaha kecil ataupun menengah. Pemasaran salah satu kegiatan dalam dunia usaha untuk meningkatkan penjualan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan strategi pemasaran adalah salah satu strategi yang penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Strategi pemasaran sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah digital marketing berpengaruh terhadap pendapatan dan daya saing bagi pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan temuan temuan baru yang dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur prosedur secara statistik atau cara lainnya dari suatu kuantifikasi (pengukuran). Analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan statistik inferensial yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah menggunakan Sampling Purposive. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kab. Tasikmalaya yang sudah menggunakan digital marketing dalam pemasarannya. Dalam menentukan besarnya sampel, penentuan jumlah sampel dari populasi peneliti menggunakan slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google from. Data diolah menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan sebesar 58,2% (R Square) dan 41,8% dipengaruhi oleh faktor lain dan memiliki nilai korelasi sebesar 0,763 yang menunjukan hubungan yang sangat kuat antara variabel digital marketing (X) dan pendapatan (Y1). Selain itu, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing sebesar 67,3% (R Square) dan 32,7% dipengaruhi oleh faktor lain dan memiliki nilai korelasi sebesar 0,821 yang menunjukan hubungan yang sangat kuat antara variabel digital marketing (X) dan daya saing (Y2). pendapatan pelaku UMKM di Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan. Pada saat sebelum menggunakan digital marketing, pendapatan pelaku UMKM dengan pendapatan antara Rp.1.000.000–Rp.2.000.000,- dan setelah menggunakan digital marketing pendapatan pada pelaku UMKM dapat meningkat dua kali lipat yaitu dengan pendapatan antara Rp.3.000.000 – Rp.5.000.000,- dan mereka mampu mempertahankan usahanya di era globalisasi saat ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STI.23.0021
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Digital Marketing, Pemasaran, UMKM, Pendapatan, Daya saing
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:04
Last Modified: 14 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item