STRATEGI DAN INOVASI BISNIS UMKM PADA MASA PANDEMI DI KOTA BANDUNG (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHA KULINER IBU ANIS)

S, Evy Magdalena (2023) STRATEGI DAN INOVASI BISNIS UMKM PADA MASA PANDEMI DI KOTA BANDUNG (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHA KULINER IBU ANIS). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (416kB)
[img] Text
3. lemvar pernyataan.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Evi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat banyak usaha yang terdampak akibat adanya pandemi covid 19, terutama pada arus kas. Bahkan sebagian diantaranya menutup usaha sementara ataupun permanen. Pelaku usaha kecil dan menengah harus beradaptasi agar tetap bertahan dengan kondisi tersebut. Pengusaha di bidang kuliner merupakan salah satu pihak yang masih bertahan pada saat pandemi karena kebutuhan pangan merupakan kebutuhan pokok. Walau demikian nilai omsetnya akan berbeda dengan kondisi sebelum pandemi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi dan inovasi bisnis UMKM usaha kuliner Ibu Anis pada masa pandemi di kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang dilakukan dengan uji kredibility dan uji dependability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan usaha kuliner Ibu Anis seperti (1) Efisiensi yaitu meminimalkan risiko melalui penghematan dan meningkatkan laba (2) Efektivitas sesuai dengan tujuan yakni memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pasar (3) Effulgence menampilkan tampilan berbeda dan bernilai tinggi (4) Edge yang berarti lebih baik dibandingkan pesaing (5) Excellence yang berarti berjalan mulus tanpa halangan berarti. Serta inovasi yang dilakukan usaha kuliner Ibu Anis seperti (1) penawaran produk atau jasa baru (2) penggunaan metode atau teknologi baru (3) penciptaan pasar sasaran yang baru (4) penggunaan sumber pasokan bahan baku dan sumberdaya lainnya dapat meningkatkan penjualan selama masa pandemi. Simpulan penelitian ini adalah strategi dan inovasi bisnis yang dilakukan oleh usaha kuliner Ibu Anis selama masa pandemi telah membuat usaha kuliner ini tetap bertahan, bahkan mampu menaikkan omset penjualannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.23.0013
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi, Inovasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pandemi
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:59
Last Modified: 09 Dec 2023 02:09
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item