ANALISIS FATIGUE DAN FAILURE SUSPENSI PEGAS DAUN KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

RAMADHAN, DONI FAJAR (2023) ANALISIS FATIGUE DAN FAILURE SUSPENSI PEGAS DAUN KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. lembar pernyataan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. lembar pengeshan.pdf

Download (471kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Tugas Akhir_Doni Fajar Ramadhan 2115217016[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. lampiran.pdf

Download (334kB)

Abstract

Sistem transportasi pada umumnya sangat memerhatikan kenyamanan dan keamanan pengendara. Salah satu yang menunjang hal tersebut adalah penerapan sistem suspensi yang baik Sistem suspensi pada kendaraan yang diteliti pada skripsi ini merupakan Kendaraan patroli jalur kereta api yang merupakan hasil modifikasi dari kendaraan pick-up merk TATA type ACE EX-2. Berdasarkan modifikasi kendaraan pick-up tersebut, perlu dilakukan kajian karena perbedaan lintasan pada spesifikasi kendaraan pick-up sebelum dimodifikasi, dan setelah dimodifikasi untuk melintas pada rel kereta api yang mengakibatkan getaran yang tinggi. Pada studi ini, peneliti melakukan analisis pada sistem suspensi pegas daun kendaraan penilik jalur secara kuantitatif, menggunakan perhitungan matematis manual dan metode elemen hingga menggunakan perangkat lunak SOLIDWORKS. Berdasarkan perhitungan statis manual, dapat disimpulkan bahwa pada berat beban eksternal di atas 650 kg. Berdasarkan hasil perhitungan simulasi statis, dapat diketahui bahwa pada pegas daun memiliki tegangan maksimum sebesar 1,514 x 108 N/m2 di bagian depan dan sebesar 1,012 x 108 N/m2 pada bagian Belakang. Berdasarkan uji vibrasi, nilai eigenfrequency berbeda dengan nilai frekuensi yang terjadi sehingga resonansi tidak merusak sistem. Berdasarkan hasil simulasi dinamik, Tegangan RMS yang terjadi pada pegas daun yaitu sebesar 2,76 x 108 N/m2 pada bagian depan dan sebesar 2,8 x 108 N/m2 pada bagian Belakang, sehingga siklus maksimum pada pegas daun yaitu sebesar 4,0 x 107 siklus pada suspense bagian depan dan sebesar 4,0 x 107 siklus pada suspensi bagian Belakang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.23.0006
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: leafspring, fatigue, failure, kendaraan jalur kereta api
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:31
Last Modified: 14 Dec 2023 04:36
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item