ANALISA SISTEM PENGEREMAN (REM CAKRAM) PADA UNIT KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API

FIRMANSYAH, TISYAM NOOR (2023) ANALISA SISTEM PENGEREMAN (REM CAKRAM) PADA UNIT KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (178kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
080_Surat Keterangan Plagiarisme a.n. Tisyam Noor.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Skripsi Analisa Sistem Pengereman (Rem Cakram) Pada Unit Kendaraan Penilik Jalur Kereta Api.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkeretaapian Indonesia memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian negara dengan memfasilitasi pendistribusian barang dan pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain secara nyaman, aman, serta tepat waktu dalam pengoprasiannya. Untuk tercapainya kondisi tersebut diperlukan pengecekan serta perawatan sarana dan prasarana (kondisi lintasan/jalur/jalan rel) dengan penggunaan KPJ berupa lori modifikasi dari kendaraan TATA ACE EX2 yang pengoprasiannya harus memberikan keamanan terkait sistem pengeremannya. Penelitian pada tugas akhir ini dimulai dengan pengidentifikasian, studi literatur, dan melakukan pengukuran untuk mendapatkan spesifikasi dari kendaraan yang dimodifikasi. Selanjutnya melakukan perhitungan dan menganalisa hasil sesuai dengan perumusan matematis untuk mencari distribusi beban tiap sumbu roda, titik beban terpusat, dan gaya pengereman berdasarkan kemampuan sistem rem cakram (disc brake) hasil modifikasi pada kondisi pembebanan kendaraan KPJ yang ada. Dari hasil perhitungan didapatkan gaya pengereman sebenarnya yang terjadi pada roda depan dan roda belakang sebesar BdD+BdB (330.07+112.71=442.78 kg) kemudian hasil dibandingkan dengan gaya luncur kendaraan F=m.a (2546 x 1.123=292.34 kg). Mengacu pada Hukum II Newton (Kelembaman) sistem pengereman aman apabila BdD+BdB ≥ F. (442.78 kg ≥ 292.34 kg). Sistem pengereman kendaraan TATA ACE EX2 modifikasi kaliper mobil Daihatsu Taft GT F70 sebagai KPJ dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.23.0008
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem pengereman, Rem cakram, KPJ, Lori, Kereta Api
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:30
Last Modified: 14 Dec 2023 03:28
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item