FIRMANSYAH, TISYAM NOOR (2023) ANALISA SISTEM PENGEREMAN (REM CAKRAM) PADA UNIT KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
Text
0. COVER.pdf Download (153kB) |
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (153kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (178kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text
080_Surat Keterangan Plagiarisme a.n. Tisyam Noor.pdf Download (472kB) |
|
Text
Skripsi Analisa Sistem Pengereman (Rem Cakram) Pada Unit Kendaraan Penilik Jalur Kereta Api.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perkeretaapian Indonesia memiliki peran strategis dalam mendukung perekonomian negara dengan memfasilitasi pendistribusian barang dan pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain secara nyaman, aman, serta tepat waktu dalam pengoprasiannya. Untuk tercapainya kondisi tersebut diperlukan pengecekan serta perawatan sarana dan prasarana (kondisi lintasan/jalur/jalan rel) dengan penggunaan KPJ berupa lori modifikasi dari kendaraan TATA ACE EX2 yang pengoprasiannya harus memberikan keamanan terkait sistem pengeremannya. Penelitian pada tugas akhir ini dimulai dengan pengidentifikasian, studi literatur, dan melakukan pengukuran untuk mendapatkan spesifikasi dari kendaraan yang dimodifikasi. Selanjutnya melakukan perhitungan dan menganalisa hasil sesuai dengan perumusan matematis untuk mencari distribusi beban tiap sumbu roda, titik beban terpusat, dan gaya pengereman berdasarkan kemampuan sistem rem cakram (disc brake) hasil modifikasi pada kondisi pembebanan kendaraan KPJ yang ada. Dari hasil perhitungan didapatkan gaya pengereman sebenarnya yang terjadi pada roda depan dan roda belakang sebesar BdD+BdB (330.07+112.71=442.78 kg) kemudian hasil dibandingkan dengan gaya luncur kendaraan F=m.a (2546 x 1.123=292.34 kg). Mengacu pada Hukum II Newton (Kelembaman) sistem pengereman aman apabila BdD+BdB ≥ F. (442.78 kg ≥ 292.34 kg). Sistem pengereman kendaraan TATA ACE EX2 modifikasi kaliper mobil Daihatsu Taft GT F70 sebagai KPJ dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.23.0008 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Sistem pengereman, Rem cakram, KPJ, Lori, Kereta Api |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 03:28 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2944 |
Actions (login required)
View Item |