Arifaturohman, Yusril (2022) Festival 7 Sungai Sebagai Branding Desa Wisata Cibuluh Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.
Text
lembar pengesahan.pdf Download (117kB) |
|
Text
lembar pernyataan.pdf Download (121kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (3MB) |
|
Text
bab i.pdf Download (3MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
Skripsi Yusril Revisi fix 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Festival 7 Sungai Sebagai Branding Desa Wisata Cibuluh Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding dan pemilihan media di Desa Cibuluh untuk masuk ke even nasional melalui festival 7 sungai, serta menganalisis upaya pihak terkait dalam meninkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis studi kasus. Melakukan Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data, verifikasi data. Teknik keabasahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji kompirmabilitas. Pada penelitian ini melibatkan informan kunci dan beberpa informan pendukung. Hasil penelitian ini adalah. (1) Strategi branding desa wisata Cibuluh untuk masuk kedalam event nasional melalui festival 7 sungai yaitu (a) aspek ide 7 sungai dengan inovasi mengangkat 7 sungai dengan tema festival dengan fakta dilapangannya ada (b) inovatif dalam membangun tata aturan baru (c) membangun kesadaran lingkungan (e) adanya upaya membangun ekonomi kreatip (EKRAP) (f) aspek manajemen event yang bagus sehingga bisa berjalan dan bertahan sampe event ke 7 (g) aspek pertunjukan yang melestarikan Budaya (h) aspek komunikasi dan media. (2) Pemilihan media desa wisata Cibuluh melalui event festival 7 sungai sebagai event nasional yang masuk kedalam Calender of Event. Media yang bekerja sama dengan Desa wisata Cibuluh, antara lain media onine lokal dan nasional, tv nasional, dan media sosial. (3) Upaya yang dilakukan pihak pengelola dalam meningkatkan wisatawan adalah mengadan acara festival 7 sungai, membuat destinasi destinasi baru agar lebih menarik wisatawan datang. Serta memanfaatkan kreatif warga untuk menjadi sumber penghasilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.22.0018 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Desa wisata, strategi branding, branding, media, desa cibuluh. |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:41 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2872 |
Actions (login required)
View Item |