Wahyudin, . (2022) PERAN PELAYANAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN SEBAGAI HUMAS DI INSTANSI KELURAHAN SUKABUNGAH KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.
Text
1. cover.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. lembar pernyataan.pdf Download (375kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (182kB) |
|
Text
7. bab i.pdf Download (278kB) |
|
Text
12. daftar pustaka.pdf Download (265kB) |
|
Text
Skripsi WAHYUDIN BISMILLAH FIX 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bagaimana peran divisi pelayanan umum dalam pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi warga kelurahan sukabungah untuk mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat. Peran divisi pelayanan umum di kelurahan sukabungah merupakan bagian penting untuk membantu warga dalam mengurus administrasi data pribadi baik itu dalam lingkup eksternal dan internal. Pelayanan umum menjadi pioneer bagian penting di dalam kelurahan yaitu melayani warga dalam mengurus data pribadi seperti pembuatan KK, Surat Nikah, KTP dan lain sebagainya. Dilingkup eksternal peran divisi pelayanan umum harus memberikan informasi kepada masyarakat tentang program-program pemerintah. dalam upaya peningkatan pelayanan umum adalah dengan meningkatkan penyediaan fasilitas yang menunjang kualitas pelayanan umum tersebut. Sebab, tanpa didukung tersedianya fasilitas yang lengkap maka akan menghambat proses penyelenggaraan pelayanan umum kepada stakeholder atau masyarakat. Hal ini menjadi bagian penting didalam pelayanan karena peran pelayanan umum langsung behadapan langsung dengan masyarakat. Dalam teori peran pelayanan, instasi harus memberikan jasa layanan, perbuatan, tulisan agar memudahkan masyarakat. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan teknik observasi yaitu mewancarai narasumber berjumlah 2 orang informan kunci terdiri dari Yayu Rahayu (Seksi Pemerintahan) Diska ( Pelayanan Umum). Kemudian metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran divisi pelayanan umum menjadi bagian penting di kelurahan sukabungah dalam membantu masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan umum menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.22.0030 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kualitas Peran Pelayanan Umum |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:14 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 03:44 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2871 |
Actions (login required)
View Item |