FUNGSI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada SHOPEE INDONESIA Untuk Menanggapi Isu Shopee Tidak Mendukung Produk Lokal )

Al-Ghumaydha R.J, Ishmah (2022) FUNGSI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada SHOPEE INDONESIA Untuk Menanggapi Isu Shopee Tidak Mendukung Produk Lokal ). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ISHMAH Al GHUMAYDHA 3112207008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “FUNGSI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada Shopee Indonesia Untuk Menanggapi Isu Shopee Tidak Mendukung Produk Lokal )” Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan fungsi komunikasi persuasif menurut simmons (soemirat, 2007) dalam membangun citra positif pada kasus isu Shopee tidak mendukung produk lokal Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-studi kasus. Pengumpulan data dan sumber data didapatkan dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis dari wawancara yang penulis lakukan dengan informan bahwa Semua yang dilakukan Shopee Indonesia mengandung unsur Fungsi Komunikasi Persuasif menurut Simmons (soemirat, 2007) dalam memperbaiki Citra Positif Perusahaan pada isu negatif tersebut. Salah satu fungsi yang paling dominan yaitu Fungsi Pengawasan Komunikasi Persuasif yang memang pada dasarnya fungsi ini dapat digunakan untuk pembentukan citra, baik perusahaan maupun personal. Langkah-langkah yang dilakukan Shopee Indonesia yaitu keputusan Shopee Indonesia membatasi 13 produk dari luar negeri masuk ke Shopee Indonesia, Dibuatnya hastag #ShopeePilihLokal yang sekarang berkembang menjadi salah satu fitur utama di aplikasi Shopee Indonesia, Dibuatnya program Kampus UMKM Shopee secara offline dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia dan bekerja sama dengan pemerintah setempat. Dibuatnya program reguler berupa testimoni video para UMKM yang sudah sukses bersama Shopee Indonesia mulai dari 0 sampai dapat membuka lapangan baru. Video testimoni tersebut secara konsisten ada di media Youtube Shopee Indonesia. Langkah-langkah tersebut saling menguatkan setiap program-programnya sesuai fungsi pengawasan persuasif dalam membangun Citra Perusahaan sehingga berhasil membentuk Citra positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.22.0038
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Isu, Citra Positif, Fungsi Komunikasi Persuasif, Shopee
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:14
Last Modified: 12 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item