Eka Wijaya, Aditya (2022) STRATEGI KOMUNIKASI MANGLE.ID DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PADA ERA DIGITAL (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Platform Media Sosial Instagram Mangle.id). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (391kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (392kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI REVISI_ADITYA EKA WIJAYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena saat ini era globalisasi membuat persaingan industri media massa terus berkembang sehingga membuat beberapa perusahaan beralih kepada media digital yaitu media sosial. Begitu pula dengan salah satu media yang sudah terkenal karena keunikannya dengan menggunakan bahasa daerah yaitu Mangle.id. Karena salah satu tujuan dari perusahaan ini adalah untuk mengedukasi dan juga memperkenalkan budaya bahasa sunda kepada audiens dan terlebih kepada milenial yang ada di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pada media sosial instagram Mangle.id dalam mempertahankan eksistensinya pada era digital. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam terhadap informan kunci dan informan pendukung, serta melakukan dokumentasi pada penelitian. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data uji kredibilitas, triangulasi (sumber, teknik dan waktu), analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check dan uji komfirmabilitas. Pada penelitian ini informan kunci adalah Chief Executive Officer dan Social Media Instagram Management. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Mangle.id mempertahankan dan memperkenalkan bahasa sunda kepada khalayak luas dengan membuat konten-konten pada media sosial Instagram. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah menurut Effendy, karena strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan, akan tetapi untuk mencapai tujuan strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah jalan saja, melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya. Selama ini sudah berbagai upaya dilakukan Mangle.id dalam membuat konten Instagram dengan perubahan-perubahan yang terjadi sampai dengan berganti nama dan logo. Bahkan, Mangle.id juga pernah melakukan kerja sama dengan instansi lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.22.0021 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Strategi Komunikasi, Mangle.id, Mengedukasi |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:13 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
View Item |