STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus pada Akun TikTok Choral.id di Bandung)

Ristiani, Sani (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus pada Akun TikTok Choral.id di Bandung). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
01. FIX COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09.BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
00. Sani Ristiani_311218024_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan internet saat ini mengalami perkembangan sangat pesat. Selain sebagai sarana berinteraksi, tetapi juga merupakan bagian dari dunia bisnis, industri, dan pendidikan. TikTok merupakan media sosial yang saat ini selain digunakan untuk menunjukkan eksistensi diri, dimanfaatkan oleh marketer sebagai media promosi. sebagaimana yang dilakukan Choral.id. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan alasan Choral.id menggunakan Aplikasi TikTok sebagai media Promosi dan strategi Choral.id dalam mengelola penggunaan Aplikasi TikTok sebagai media promosi serta untuk menjelaskan hambatan Choral dalam melakukan promosi melalui aplikasi TikTok. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif serta metode yang digunakan adalah studi kasus. Objek pada penelitian ini ada Choral.id, sedangkan subjek pada penelitian ini adalah: Owner sebagai pemilik dari brand Choral.id, kemudian 2 karyawan Choral.id yang tergabung dalam divisi Content Creator TikTok. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi Pustaka. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa alasan Choral.id menggunakan aplikasi TikTok sebagai media promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness serta beradaptasi dengan media baru sebab aplikasi TikTok saat ini memiliki banyak pengguna. Strategi promosi yang dilakukan adalah dengan membuat konten yang banyak diminati oleh audiens seperti konten hiburan, informatif dan edukatif. Dalam melakukan produksi akan melalui tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Sedangkan hambatannya adalah SDM dan kesulitan dalam memahami algoritma TikTok. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa aplikasi TikTok saat ini cukup efektif dijadikan sebagai platform pengembangan bisnis melalui digital konten karena memiliki banyak pengguna, mudah digunakan dan populer di kalangan milenial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.22.0008
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aplikasi TikTok, Promosi, Strategi, Choral.id, Konten
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:12
Last Modified: 12 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item View Item