PEMBERDAYAAN TACIT KNOWLEDGE PADA KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI

CHANDRA, MARTIN PURNAMA (2019) PEMBERDAYAAN TACIT KNOWLEDGE PADA KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Manajemen Universitas Sangga Buana YPKP, 3 (1). pp. 1-13. ISSN 2550-0279

[img] Text
JM MANAJEMEN VOL 3 NO 1 2019.pdf

Download (480kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah, “Bagaimana pemberdayaan Tacit Knowledge dalam kegiatan belajar dan mengajar di perguruan tinggi.” Untuk itu, perlu mengetahui: bagaimana pemahaman mengenai Tacit Knowledge pada Knowledge Management, bagaimana mekanisme pemberdayaan Tacit Knowledge di perguruan tinggi, bagaimana tantangan pemberdayaan Tacit Knowledge bagi dosen dan bagaimana pula efektivitas pemberdayaannya bagi mahasiswa dan mahasiswi. Teori yang digunakan adalah Knowledge Management, yaitu Konversi Knowledge. Metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah mengetahui pemberdayaan mengenai Tacit Knowledge dalam kegiatan belajar dan mengajar di perguruan tinggi. Dengan begitu, melalui Tacit Knowledge dapat terwujud perkuliahan yang berkualitas, menyenangkan, komunikatif serta mendapat apresiasi positif dari mahasiswa dan mahasiswi kepada dosen pengampu mata kuliah. Kesimpulannya, Knowledge Management memberi manfaat tercipta keharmonisan dan tanggung jawab untuk sama-sama memajukan kualitas dosen juga mahasiswa dan mahasiswi di perguruan tinggi tersebut. Tacit Knowledge merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah perguruan tinggi untuk dapat berkembang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dosen, knowledge management, tacit knowledge, perguruan tinggi
Subjects: Jurnal USBYPKP > Jurnal Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Rizal Dwi
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:28
Last Modified: 24 Feb 2022 06:28
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item