ANALISA STUDI PERBANDINGAN KINERJA SISTEM REM ABS DAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN SIMULINK MATLAB PADA KENDARAAN TUBULAR

RAHMANTO, FAJAR (2020) ANALISA STUDI PERBANDINGAN KINERJA SISTEM REM ABS DAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN SIMULINK MATLAB PADA KENDARAAN TUBULAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
12. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (253kB)

Abstract

Sistem rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Pasalnya, gerak roda diperlambat sehingga gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Sistem rem ABS (anti lock brake system) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda saat pengereman mendadak. Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. ABS bekerja saat ada pengereman mendadak pada mobil yang masih melaju, sehingga membuat kendaraan tidak terkendali. Hal ini tentu sangat berbahaya, terutama dijalan licin dan berkelok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan perbedaan kinerja antara rem ABS dan konvensional. Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah motode perhitungan terhadap spesifikasi yang didapat dari sistem rem ABS dan konvensional. Hasil dari analisa yang dilakukan, kendaraan tubular yang menggunakan sistem rem konvensional jarak pengereman lebih jauh dari pada sistem rem abs dengan penekanan pedal rem. Kecepatan dan beban kendaraan yang sama yaitu, sistem rem konvensional jarak pemberhentian dan waktu pengereman sebesar 10,6m, sedangkan rem ABS yaitu sebesar 8,7m. Pada sistem rem ABS ketika terjadi pengereman, roda tidak akan terkunci sehingga kendaraan dapat dikendalikan saat melakukan pengereman mendadak. Maka rem ABS lebih aman dari rem konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : perbandingan sistem rem ABS dan konvensional.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: pustakawan
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:24
Last Modified: 30 Dec 2021 03:24
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item