STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH JAWA BARAT DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT YANG CERDAS DAN KRITIS TERHADAP MEDIA (Studi Deskriptif Kualitatif Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat)

Pilah, Alpian Maskur (2020) STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH JAWA BARAT DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT YANG CERDAS DAN KRITIS TERHADAP MEDIA (Studi Deskriptif Kualitatif Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER 2.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (825kB)
[img] Text
LEMBAR PERYATAAN fix.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat seiring dengan perkembangan jaman. Maka saat ini kita hidup di jaman yang serba modern khususnya teknologi dibidang informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi seperti media massa, menyebabkan terjadinya perubahan secara cepat dimana-mana. Media massa sangat berperan dalam perkembangan dan perubahan pola tingkah laku dari suatu masyarakat, sehingga kedudukan media massa dalam masyarakat sangatlah penting. Akan sangat berbahaya apabila media massa menyajikan sebuah tanyangan atau informasi yang tidak ada unsur edukasi yang jelas, yang hanya mementingkan kepentingan rating saja. Karena media massa dapat membawa manusia masuk ke suatu pola budaya yang baru dan menentukan pola pikir serta perilakunya. Tanpa disadari oleh masyarakat bahwa media massa telah ikut mengatur hidup serta menimbulkan suatu kebutuhan atau ketergantungan terhadap media massa. Hal ini sangat menghawatirkan, karena lama kelamaan akan semakin banyak korban khususnya anak-anak dan remaja yang di akibatkan tayangan televisi dan radio. Tujuan dilaksanakan penelitian ini, adalah untuk mengetahui strategi kampanye public relations yang dilakukan oleh KPID Jawa Barat, untuk mengetahui aktivitas kampanye yang diterapkan public relations KPID Jawa barat, untuk mengetahui saluran komunikasi yang digunakan untuk menjalankan aktivitas kampanye public relations KPID Jawa Barat dan untuk mengetahui hasil yang didapatkan oleh public relations KPID Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa KPID Jawa Barat dalam melaksanakan strategi kampanye public relations dalam membentuk masyarakat yang cerdas dan kritis terhadap media, dalam menjalankan kativitasnya menggunakan proses komunikasi dari Lasswell yang dimana who ? yakni yang bertindak sebagai komunikator ialah tim bid kelembagaan KPID Jawa Barat, says what isi pesan yang disampaikan yakni tentang literasi media, in which channel yang pertama mengunakan metode media massa, media sosial, metode tatap muka dan metode opinion leader, To Whom? yang menjadi sasaran kampanye adalah masyarakat, With What Effect ? menjadikan masyarakat yang cerdas dalam hal memilah dan memilih tayangan televisi yang baik dan bermanfaat. Saluran komunikasi yang digunakan mengunakan metode media massa, dengan mengadakan talkshow, iklan layanan masyarakat. media sosial dengan memasang poster, vidio pendek, metode tatap muka dengan seminar, talkshow, dan worksof dan metode opinion leader mengunakan ketua osis, hasil yang di dapatkan adalah masyarakat yang cerdas dan kritis terhadap media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:43
Last Modified: 01 Dec 2021 02:43
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item