ANALISA TINGKAT STRES ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Husniyyah, Shinta Nuraeni and Azwar, Ade Geovania (2021) ANALISA TINGKAT STRES ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. In: Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-3, 16 Oktober 2021, Bandung, Indonesia.

[img] Text
38_Shinta Nuraeni.pdf

Download (386kB)

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 ialah pada bidang pendidikan, dimana proses pembelajaran yang sebelumnya tatap muka di kelas dialihkan menjadi metode pembelajaran daring (online). Di dalam pembelajaran daring, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendampingi anaknya. Tetapi, kenyataannya pendampingan yang harus dilakukan oleh orang tua di rumah membuat banyak orang tua kewalahan sehingga dapat menimbulkan parenting stress. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat stres orang tua selama mendampingi anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Adapun objek di dalam penelitian ini ialah orang tua yang memiliki dan mendampingi anaknya ketika pembelajaran daring di Kota Bandung. Metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat stres orang tua ialah dengan mengunakan kuesioner DASS-21 (Depression Anxiety Stress Scale 21). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% orang tua mengalami depresi dan stres pada kategori normal, serta hampir 50% orang tua mengalami rasa cemas pada kategori normal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Stres, Orang Tua, Pembelajaran Daring, DASS-21
Subjects: ?? PSBC ??
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: LPPM USB YPKP
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:11
Last Modified: 30 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item